Ilustrasi (Photo by Rendy Novantino on Unsplash)

Tips Memilih Penata Rias untuk Momen Istimewa

06 October 2021   |   18:35 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Memilih penata rias yang tepat untuk hari besar kalian sama pentingnya dengan menemukan gaun atau venue yang sempurna. Baik untuk prom night, wisuda, atau hari pernikahan, penata rias bisa membuat hari besar kamu jadi makin sempurna.

Penata rias akan bertanggung jawab atas penampilan di hari terpenting dalam hidup kita. Tentu saja kita ingin menemukan penata rias terbaik yang tidak hanya punya jadwal kosong di tanggal yang dibutuhkan namun juga mampu merealisasikan tampilan yang kalian inginkan.

Jangan khawatir! Ada banyak penata rias profesional dan berpengalaman yang dapat kalian temukan serta menjawab keinginan kalian, dan mereka bisa ditemui dengan mengikuti beberapa langkah berikut.
 

1. Tentukan tampilan yang akan kamu pilih.

Ini penting karena penata rias yang berbeda biasanya punya spesialisasi dalam tampilan riasan yang berbeda pula. Tentu saja, sebagian besar dari mereka mampu memberi tampilan yang kita inginkan, tetapi akan lebih baik kalau kamu sudah tahu lebih dulu riasan seperti apa yang diinginkan sebelum bekerjasama dengan penata rias.

Jangan lupa untuk memberikan referensi yang realistis, misalnya ketika memberikan contoh foto sesuaikan dengan kenyataan, karena riasan pada pengantin Kaukasia misalnya, mungkin kurang cocok dengan pengantin Asia.
 

2. Tentukan anggaran.

Ini juga penting untuk ditentukan lebih dulu karena melihat pengalamannya, setiap penata rias punya tarif jasa yang berbeda. Kalian justru hanya akan membuang-buang waktu ketika berusaha mengejar penata rias dengan tarif mahal, kecuali anggaran untuk kebutuhan lain bisa kalian sesuaikan.

Tarif yang ditentukan oleh penata rias juga akan berbeda tergantung dari tingkat kesulitan, waktu pengerjaan, dan produk yang digunakan. Untuk penata rias profesional biasanya mereka menggunakan produk riasan bermerek sehingga biayanya akan lebih mahal.

Harga juga bervariasi tergantung pada pengalaman; penata rias yang lebih berpengalaman dan terkenal tentu saja akan mengenakan tarif premium.
 

3. Cari informasi dan referal.

Selain dari internet, kita bisa mendapatkan referensi penata rias dari majalah pengantin dengan lebih dulu melihat portofolio para penata rias yang berdomisili dekat dengan kita atau venue (ini penting!). Simpan atau tandai gambar dengan tampilan favorit kalian dan bandingkan. 

Sebagian besar riasan pengantin dan kecantikan akan menyertakan nama dan nomor kontak penata rias. Atau, carilah ulasan di forum pengantin, Instagram atau mintalah rekomendasi dari teman. Mereka juga merupakan sumber informasi yang berharga.
 

4. Cek portofolio kandidat penata rias.

Ini berlaku jika dia memiliki situs web atau profil di media sosial yang bisa kalian jadikan rujukan. Saat melihat gambar, coba dan putuskan apakah orang yang kalian pilih setidaknya punya gaya riasan yang memuaskan atau pernah mengerjakan tampilan riasan yang sama seperti yang kalian inginkan.

Hal-hal lain yang harus diperhatikan: perhatian penata rias terhadap detail, apakah warna riasan cocok dengan warna kulit model serta tren riasan yang dia gunakan.

Penata rias yang berpengalaman juga akan menunjukkan hasil riasannya ketika berada di dalam dan luar ruangan untuk menunjukkan kualitas dan menyesuaikan dengan venue. Beberapa penata rias mungkin hanya pandai dengan riasan luar ruangan dan tidak untuk situasi dalam ruangan.
 

5. Ajukan sesi tes riasan.

Jika kalian sudah menemukan penata rias yang dirasa tepat, langkah selanjutnya adalah melihat langsung hasil kerjanya di wajah kalian. Sesi trial atau tes ini jadi tahap penting sebelum kalian bekerjasama untuk menyempurnakan hari besarmu nanti. Kalau ada detil riasan yang dirasa tidak sesuai, langsung beri tahu penata rias.

Di sesi ini kalian bisa membawa gambar contoh riasan yang diinginkan. Akan lebih baik jika referensi dikirimkan sehari sebelum sesi dan detilnya dapat kalian diskusikan kembali saat proses tes riasan berlangsung.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ramai Brand Lokal Mejeng di Billboard Times Square, Begini Kata Pakar Marketing

BERIKUTNYA

Story of Dinda: Second Chance of Happiness Tayang di Bioskop Online

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: