Dok. Andrea Piacquadio dari Pexels

Tips Sukses Bangun Bisnis Autopilot ala Owner Nadjani

06 October 2021   |   16:03 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Memiliki bisnis yang dapat berjalan sendiri dan berkelanjutan atau biasa disebut dengan istilah autopilot merupakan impian bagi para pelaku bisnis, khususnya pelaku UMKM yang baru terbentuk. Sederhananya, bisnis yang sudah autopilot adalah bisnis yang dapat berjalan secara berkelanjutan tanpa kehadiran owner untuk mengawasi secara langsung di kantor.

Namun, pada masa pandemi ini impian tersebut seakan menjadi sulit dicapai dikarenakan para pengusaha menghadapi beberapa tantangan baru terkait penyesuaian fleksibilitas karyawan, seperti waktu dan tempat bekerja.

Nadia Nadjani, Owner Nadjani salah satu brand fashion yang sudah auto pilot mengungkapkan bahwa karyawan menjadi aspek yang paling penting dalam mewujudkan bisnis yang auto pilot.

 

Nadia Nadjani owner Nadjani (dok. Ninja Xpress

Nadia Nadjani owner Nadjani (dok. Ninja Xpress



Bahkan, karyawan menjadi roda penggerak bisnis yang penting agar profit tetap terjaga. Maka dari itu, sudah seharusnya bagi para pelaku UKM untuk lebih memperhatikan kebutuhan karyawannya agar tetap produktif selama pandemi.

Berikut tips dari Nadia agar karyawan menjadi adaptif dalam bekerja pada masa pandemi yang disampaikan dalam Program Aksilerasi III Ninja Xpress.
 

• Membangun pola komunikasi yang sehat

Kemampuan berkomunikasi secara efektif sudah menjadi kebutuhan esensial bagi para owner bisnis. Para owner harus menerapkan komunikasi dua arah dengan karyawan ketika terjadi masalah agar menghasilkan win-win solution.
 

• Memperhatikan standar kualitas kebutuhan karyawan

Tidak dapat dipungkiri, para karyawan bekerja agar dapat memenuhi kebutuhan dasar mereka. Selain memenuhi kebutuhan dasar karyawan, para owner diharapkan menyediakan fasilitas bagi para karyawan untuk dapat meningkatkan kompetensi diri seperti melalui berbagai macam pelatihan.
 

• Pentingnya standar operasional 

Standar atau sistem operasional menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan pelaku UKM. SOP yang jelas berlaku di berbagai divisi baik admin, keuangan,  produksi, design, dan lain-lain. Sebab, SOP akan membawa karyawan untuk dapat lebih mudah bekerja dengan sistem yang sudah ditentukan sebelumnya. Dari SOP yang sudah jelas ini membuat owner tidak harus memperhatikan setiap hari karyawan yang ada di kantor.
 

• Tanamkan kepercayaan pada karyawan

Percaya pada karyawan menjadi salah satu kunci agar karyawan memiliki rasa memiliki terhadap brand. Dari sikap percaya owner yang diberikan kepada karyawan akan menimbulkan sikap positif dari karyawan. Lebih jauh, rasa memiliki tersebut akan membuat jiwa karyawan merasa selalu ada di brand.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Eunha, SinB, dan Umji Gabung Agensi yang Menaungi Soyou Eks SISTAR

BERIKUTNYA

Ini Kelebihan Pembayaran Nirsentuh yang Makin Digunakan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: