Ilustrasi kopi. (Dok. Cyril Saulnier dari Unsplash)

Tergantung Selera, Berikut 4 Tips Memilih Kopi yang Tepat

02 October 2021   |   08:29 WIB

Genhype suka konsumsi kopi setiap hari? Minuman ini merupakan salah satu menu yang populer untuk dikonsumsi di saat pagi, siang, maupun malam dengan berbagai olahan dan variasi. Akan tetapi, memilih kopi yang tepat sesuai dengan preferensi merupakan salah satu tantangan bagi yang baru mengenal kopi maupun yang sudah terbiasa mengonsumsi kopi.

Yuk cek empat tips untuk memilih kopi yang sesuai agar enggak menimbulkan masalah.
 

1. Pilih kopi dari biji terbaik

 

Ilustrasi biji kopi. (Dok.  Tim Mossholder dari Unsplash)

Ilustrasi biji kopi. (Dok. Tim Mossholder dari Unsplash)

Bagi Genhype yang suka kopi, memilih kopi dari biji terbaik yang sesuai dengan preferensi merupakan hal yang penting. Hal ini bisa dilihat dari jenis biji kopi dan asalnya, di mana hal ini biasanya memiliki pengaruh pada kualitas dan rasa yang terjadi karena beberapa faktor seperti campuran biji kopi dan proses roasting (pemanggangan) yang menghasilkan rasa serta ciri khasnya.
 

2. Cicip rasa kopi sebelum memilih

 

Ilustrasi kopi. (Dok. René Porter dari Unsplash)

Ilustrasi kopi. (Dok. René Porter dari Unsplash)

Untuk mengetahui rasa kopi yang sesuai, Genhype melalui berbagai percobaan baik pada pilihan rasa maupun metode brewing atau pembuatannya. Oleh karena itu, Genhype harus bisa terbuka dalam mencoba variasi rasa baru dan cara pembuatan agar bisa menentukan kadar kopi yang disukai melalui percobaan rasa dari setiap merek dan jenis kopi.
 

3. Cek kemasan kopi
 

Ilustrasi kemasan kopi. (Dok. Sangga Rima Roman Selia dari Unsplash)

Ilustrasi kemasan kopi. (Dok. Sangga Rima Roman Selia dari Unsplash)

 

Kemasan merupakan hal yang penting dalam kualitas kopi, terutama untuk kopi bubuk. Hal ini dilakukan karena durasi pengemasan dan pemanggangan punya pengaruh terhadap rasa. Selain itu, kemasan juga bisa menunjukkan apakah sebuah kopi memiliki tambahan perasa karena hal ini memengaruhi rasa yang didapat ketika dikonsumsi.

 

4. Bentuk kopi

 

Ilustrasi bentuk kopi. (Dok. Mae Mu dari Unsplash)

Ilustrasi bentuk kopi. (Dok. Mae Mu dari Unsplash)

Kopi umumnya memiliki dua macam bentuk, yaitu kristal dan bubuk halus. Perbedaannya ada pada pemrosesan kopi di mana kopi bubuk dibuat dengan cara spray drying sedangkan kopi kristal dengan cara freeze drying. Keduanya memiliki pengaruh pada kualitas kopi, di mana bentuk kristal cenderung bisa menjaga rasa dan aroma alami jika dibandingkan dengan kopi bubuk.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Qualcomm Resmi Luncurkan Snapdragon Insider di Indonesia, Minat Gabung?

BERIKUTNYA

7 Permainan Seru yang Bisa Tingkatkan Memori Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: