Ilustrasi (Dok. International Coffee Organization)

Generasi Kopi Jadi Perhatian pada Hari Kopi Sedunia 2021

01 October 2021   |   16:08 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Bagi kamu coffee lover tampaknya harus pergi ke kedai kopi dan menikmati secangkir kopi favoritmu hari ini, karena setiap tanggal 1 Oktober dirayakan sebagai International Coffee Day atau Hari Kopi Sedunia. Perayaan yang dideklarasikan sejak 1 Oktober 2014 oleh Organisasi Kopi Internasional (ICO) ini menjadi momen untuk merayakan kopi sebagai minuman sekaligus membangun kesadaran akan perjuangan para petani kopi.

Pada perayaannya tahun ini, ICO mengambil tema Coffee’s Next Generation, sebuah inisiatif global yang menargetkan kaum muda dan pengusaha berbakat untuk termotivasi di sektor kopi.

e

Ilustrasi kopi (Dok. Guto Macedo/Pexels)

Seperti dilansir dari laman resmi ICO, Jumat (1/10/2021), inisiatif itu dibuat karena kondisi pandemi Covid-19 secara global telah menimbulkan dampak yang cukup ekstrem yang belum pernah terjadi sebelumnya pada sektor kopi. Pasalnya, sebelum pandemi pun para petani kopi sudah berjuang karena harga kopi yang rendah, serta tantangan global dan lingkungan.

ICO menilai dampak tersebut bukan hanya menjadi ancaman serius terhadap mata pencaharian petani kopi saat ini, tetapi juga risiko bagi masa depan sektor kopi.

“Hari Kopi Internasional juga merupakan kesempatan untuk mempromosikan praktik kopi yang berkelanjutan serta untuk meningkatkan kesadaran akan tantangan yang dialami petani kopi,” tulis ICO.

Berangkat dari persoalan tersebut, ICO memiliki suatu misi yakni berinvestasi pada kaum muda untuk menghasilkan solusi inovatif dan berkelanjutan bagi sektor kopi dalam inisiatif Coffee’s Next Generation.

Pihaknya akan memberi akses pada keuangan dan pengetahuan, pengembangan keterampilan, pembinaan, pelatihan serta jaringan untuk membangun kembali sektor kopi yang lebih baik, adil dan makmur, serta pulih dari krisis pandemi Covid-19.

“Kami menyerukan kepada komunitas kopi global, semua pemangku kepentingan, dan jutaan konsumen serta pecinta kopi untuk berkontribusi dan menghidupkan ide-de inovatif untuk membangun generasi kopi selanjutnya,” tulis ICO.

Bagi Genhype yang ingin berpartisipasi serta berkontribusi, bisa membuka laman berikut ini ya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Belanja Online Sambil Hiburan Jadi Tren Baru di E-commerce

BERIKUTNYA

Lomba Foto Hypeabis.id Menyapa Lagi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: