Alat pembersih udara atau air purifier (Xiaomi)

Begini Cara Kerja & Efektivitas Air Purifier

30 September 2021   |   18:51 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Ada banyak penyakit yang selalu dikaitkan dengan polusi udara, ini termasuk penyakit pernapasan hingga kanker. Sejumlah studi ilmiah juga menyatakan bahwa ada konsekuensi yang lebih parah jika bicara soal penurunan kualitas udara.

Oleh sebab itu, saat ini ada banyak perangkat elektronik yang dikembangkan untuk mengatasi persoalan tersebut, misalnya alat pembersih udara atau yang lebih dikenal dengan sebutan air purifier.

Kendati demikian, banyak orang yang juga masih bertanya-tanya apakah memang perangkat seperti itu bisa bekerja dengan baik dan memengaruhi kualitas udara di sekitar? Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah beberapa hal penting terkait perangkat air purifier yang perlu diketahui.
 

Bagaimana cara kerja air purifier?

Secara sederhana, cara kerja alat pembersih udara ialah sebagai berikut: perangkat menggunakan kipas untuk menyedot udara luar kemudian udara disaring dan didorong keluar sebagai udara bersih.

Dalam hal ini, filter merupakan komponen penting untuk memastikan udara yang masuk benar-benar disaring. Filter pembersih dapat terbuat dari kertas, fiberglass, serat, dan jaring.

Air purifier yang bagus memiliki beberapa lapisan filter dan tetap harus diganti secara teratur agar kinerjanya tetap efektif. Untuk partikel yang lebih besar, filter biasanya dapat digunakan kembali dan hanya perlu dicuci dengan bersih.
 

Pentingnya air purifier

Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Journal of Psychiatry meneliti sekitar 13.000 perserta di Inggris dan menemukan bahwa mengurangi volume polusi partikel kecil bisa membuat perbedaan besar bagi kesehatan mental.

The Asma and Allergy Foundation of America bahkan menyatakan bahwa perangkat pembersih udara dapat membantu penderita asma, tetapi ini bukan jawaban menyeluruh atas kondisi pasien.

Sementara itu, Environment Protection Agency (EPA) menunjukkan bahwa air purifier memang dapat membantu mengurangi polusi dalam ruangan, tetapi tidak bisa menghilangkan semua polutan udara yang ada.

Banyak penelitian lain juga menunjukkan bahwa perangkat seperti air purifier memiliki manfaat untuk kesehatan, terutama yang menyangkut perihal kualitas. Poin pentingnya adalah pemilihan perangkat yang tepat serta pemakaian dan perawatan yang baik.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Chef Degan Septoadji Hadirkan Meat Masterclass di JAPFA Experience

BERIKUTNYA

Syarat Bepergian ke Dubai saat Pandemi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: