Ilustrasi penggunaan air purifier di rumah. (Sumber gambar : Freepik)

Rekomendasi Air Purifier yang Bisa Jadi Solusi Atasi Polusi Udara

13 August 2023   |   08:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kualitas udara yang buruk menjadi ancaman kesehatan baru bagi masyarakat. Risiko infeksi saluran peranapasan pun meningkat ditandai dengan batuk, berdahak, hingga timbul rasa sesak. Antisipasi paparan polusi lantas menjadi hal yang harus menjadi perhatian. 

Menurut Spesialis Paru dari RS Universitas Airlangga dr. Alfian Nur Rosyid, antisipasi bisa dilakukan dengan menggunakan masker atau menghindari jalan raya yang ramai saat berkegiatan di luar ruang. Sementara di dalam rumah, mengatur ventilasi dan menggunakan alat pembersih udara bisa menjadi opsi. 

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Membeli Air Purifier

“Boleh menggunakan pemurni udara untuk membersihkan udara dari mikroorganisme. Purifier bisa menyaring udara yang kotor, tetapi ventilasi juga penting,” ujarnya kepada Hypeabis.id, kemarin. 

Saat ini, banyak merek air purifier yang beredar dipasaran. Manfaatnya bukan hanya membersihkan udara dari polusi, namun beberapa produk dapat menyaring virus dan menghilangkan bau tidak sedap. 

Salah satu yang menawarkan teknologi pemurni udara ini adalah Coway. Chief of Marketing & Education Department Coway Indonesia Jeon Chan menyebut pihaknya memiliki lima varian air purifier yang hadir di Indonesia, diantaranya Storm, Breeze, Triple Power, Cartridge, dan Noble.

“Kelima produk tersebut memiliki kemampuan ampuh untuk mengatasi polusi udara karena dilengkapi dengan sistem filtrasi canggih yang dapat menjernihkan udara, terutama yang berpolusi,” ujarnya kepada Hypeabis.id.

Semua produk air purifier Coway itu telah mengantongi sertifikat dari Clean Air Certificate of Korea dan lolos uji dari Korean Conformity Laboratories. Namun, Chan menyebut Storm (AP-1516D) menjadi produk terlaris untuk saat ini dan cocok dipakai keluarga di rumah. 

Pasalnya, Storm dapat menjangkau ruangan hingga 49.5 meter dan mengalirkan udara sampai dengan 6 meter. “Storm juga memiliki sistem sirkulasi dan pembersihan yang sangat cepat melalui mode Haze,” tambahnya.

Chan menjelaskan Storm dilengkapi 4 tahap sistem HEPA filter, di antaranya Pre-filter yang berfungsi menyaring partikel besar seperti rambut, bulu pasir, dan debu. Fine Dust Filter yang dapat menyaring partikel sangat kecil seperti debu halus, jamur, dan serbuk sari.

Kemudian Deodorisation yang efektif menghilangkan bau tidak sedap dan gas berbahaya. Tahap terakhir yakni HEPA untuk menghilangkan asap rokok, menyaring virus, kuman, dan debu berukuran mikro.

Air purifier Coway dapat dipakai selama 24 jam dan hanya mengonsumsi 65 Watt. Ditambah dengan fitur timer, Storm dapat berhenti beroperasi secara otomatis 1 jam, 4 jam, dan 8 jam pemakaian.

Chan menyampaikan Storm juga memiliki indikator kualitas udara. Produk ini akan menunjukkan warna yang berbeda berdasarkan kondisi udara di ruangan. Apabila muncul warna Biru, kualitas udara tergolong baik. Hijau menunjukkan kualitas udara sedang, Kuning berarti kualitas udara buruk, sementara Merah artinya kualitas udara sangat buruk. 

Selain Coway, Philips juga memiliki rangkaian produk air purifier yang cocok dipakai di rumah. Philips Domestic Appliances Indonesia Commercial Ika Nursantini Noor mengatakan Air Purifier 800i Series (AC0850/20) menjadi salah satu produk yang menghilangkan 99,5 persen partikel halus berukuran 0,003 mikron berkat penyaringan 3 lapis dengan Nano Protect HEPA, filter karbon aktif, dan prafilter. 

Ika menyebut produk ini juga dapat  membasmi virus dan aerosol dari udara. Hasil pengujian independen oleh Airmid Health-Group membuktikan air purifier mampu membasmi 99,9 persen virus dan aerosol dari udara. “Juga telah diuji untuk virus Corona,” sebutnya.

Alat ini dapat memindai udara 1.000 kali per detik untuk mendeteksi partikel halus dan melaporkan kualitas udara secara real-time. Ika menambahkan Air Purifier AC0850/20 dari Philips dapat menjangkau ruangan dengan luas hingga 49 meter dan menyalurkan udara bersih ke setiap sudut ruangan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Tantangan yang Dihadapi Gen Z, Mulai dari Karier sampai Isu Kesehatan Mental

BERIKUTNYA

Polusi Udara Bikin Kulit Rusak, Begini Cara Mengatasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: