Ilustrasi hipertensi. (Sumber gambar: Mufid Majnun/Unsplash)

Hati-hati! 4 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Risiko Hipertensi

29 September 2021   |   08:25 WIB

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, mulai dari kesehatan jantung hingga kehilangan penglihatan. Dengan risiko ini, pencegahan hipertensi perlu dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah menjaga pola makan.

Menurut Asosiasi Jantung Amerika Serikat, penderita hipertensi disarankan untuk memperbanyak konsumsi produk makanan yang lebih sehat seperti sayuran, buah-buahan, daging tanpa lemak, dan karbohidrat kompleks serta menghindari empat makanan tinggi sodium ini.
 

1. Produk roti

 

Ilustrasi produk roti. (Dok. Yeh Xintong dari Unsplash)

Ilustrasi produk roti. (Dok. Yeh Xintong dari Unsplash)

Roti dikenal sebagai salah satu produk karbohidrat yang mudah untuk didapatkan, sehingga menjadi salah satu camilan untuk mengisi perut. Meski rasanya tidak asin ternyata roti memiliki kandungan sodium yang yang tinggi.

Sodium yang tinggi ini ditambah dengan tepung yang digunakan membuat potensi kenaikan berat badan menjadi meningkat sehingga konsumsi roti sebaiknya dikurangi bahkan digantikan.
 

2. Daging olahan

 

Ilustrasi produk olahan daging. (Dok. Markus Spiske dari Unsplash)

Ilustrasi produk olahan daging. (Dok. Markus Spiske dari Unsplash)

Nugget, daging asap, sosis, dan produk olahan daging yang siap masak memiliki kandungan sodium dan pengawet yang tinggi karena prosesnya yang melibatkan garam mulai dari pemberian bumbu hingga pengawetan. Produk ini sebaiknya dihindari untuk mengurangi risiko hipertensi yang berujung pada kanker.
 

3. Sup kemasan

 

Ilustrasi produk sup. (Dok. Julia Kicova dari Unsplash)

Ilustrasi produk sup. (Dok. Julia Kicova dari Unsplash)

Produk kemasan siap masak seperti sup memiliki kelebihan dalam kemudahan pembuatan dan durasi yang dibutuhkan, tapi produk ini tinggi akan kandungan garam dan rendah kandungan gizi sehingga ada baiknya pembuatan sup dilakukan dengan bahan-bahan mentah seperti sayuran dengan teknik dan bahan yang diperlukan.
 

4. Produk tomat kalengan

 

Ilustrasi produk tomat kalengan. (Dok. cottonbro dari Pexels)

Ilustrasi produk tomat kalengan. (Dok. cottonbro dari Pexels)

Semua olahan tomat kalengan seperti saus tomat, puree tomat, dan saus siap masak memiliki kandungan sodium serta bahan kimia yang tinggi. Inilah mengapa penggunaan saus dari tomat asli bisa menjadi alternatif saus yang lebih sehat dan segar.

Selain empat makanan ini, bahan makanan lain yang harus dikurangi adalah gula, minyak trans, dan minuman beralkohol.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Teguh Ostenrik, Seniman Kawakan Terjun ke Ranah Aset Kripto

BERIKUTNYA

Covid-19 Bukan Flu, Pencegahannya Diprediksi Butuh Satu Dekade

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: