TikTok (Unsplash/Olivier Bergeron)

Wow, TikTok Punya 1 Miliar Pengguna Aktif Bulanan

28 September 2021   |   15:14 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Jejaring sosial dan platform video musik TikTok menyatakan telah memiliki 1 miliar pengguna aktif bulanan secara global. Ini merupakan pencapaian besar bagi platform yang pertama kali dirilis pada 2016 lalu itu, di tengah sejumlah isu pengawasan dari berbagai negara. 

Dalam laman resminya, tim TikTok menyatakan bahwa misi perusahaan menghadirkan platform itu adalah untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kegembiraan kepada para penggunanya di seluruh dunia.

"Kami merayakan misi itu dan komuntas TikTok global kami. Lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia kini datang ke TIkTok setiap bulan," tulis perusahaan.
 
(TikTok)

 
Perusahaan menyebut bahwa beberapa wilayah dengan kontribusi pengguna atau pasar terbesar antara lain Amerika Serikat, Eropa, Brasil, dan Asia Tenggara. Adapun, secara umum perusahaan mencatat pertumbuhan pengguna aktif bulanan hingga 45 persen sejak semester pertama tahun lalu.

Di tengah kontroversinya di beberapa pasar terkait upaya pengawasan terhadap platform, popularitas TikTok terus melonjak, terutama selama pandemi. Bahkan, beberapa perusahaan teknologi raksasa berupaya menghadirkan layanan serupa dengan versinya masing-masing. 

Ini termasuk platform Instagram yang belum lama ini resmi meluncurkan layanan Reels. Begitu juga dengan YouTube yang memulai debut layanan serupa bernama YouTube Shorts. Ada juga Snapchat dengan fitur Spotlight.

Kendati begitu, TikTok terus berkembang menjadi platform hiburan yang digunakan oleh banyak pengguna di dunia. Bahkan, laporan dari firma riset App Annie menyatakan bahwa orang lebih banyak menghabiskan waktunya di TikTok ketimbang YouTube dalam periode sebulan.

Per Juni 2021, pengguna di Amerika Serikat menghabiskan waktu sekitar 24 jam dalam sebulan untuk menonton konten TikTok, lebih banyak ketimbang konten di YouTube dengan total waktu 22 jam 40 menit.

Begitu juga dengan di wilayah Inggris. Pengguna menghabiskan waktu hampir 26 jam untuk menyaksikan konten di platform Tiktok. Sementara itu, pengguna menghabiskan 16 jam menonton konten di YouTube.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Simak 3 Tren Bisnis Perhotelan pada Masa Pandemi

BERIKUTNYA

Wedhangan Q Angkat Jamu Jadi Minuman Kekinian

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: