Ilustrasi kaca jendela mobil (Sumber gambar: Unsplash/Mariya Tarakhnenko)

4 Trik Perawatan Power Window Mobil biar Awet

27 September 2021   |   07:13 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Power window merupakan salah fitur yang jamak ditemukan pada mobil modern. Pada awalnya, untuk membuka kaca mobil bisa menggunakan sebuah engkolan yang ada di door trim, akan tetapi seiring perkembangan yang terjadi di dunia otomotif, sekarang hampir semua mobil menggunakannya untuk menaik turunkan kaca.

Meskipun lebih mudah dioperasikan, power window juga sering mendadak mengalami kemacetan. Ada beberapa hal yang menyebabkan power window pada jendela tersebut mendadak macet antara lain saklar mengalami kerusakan, motor penggerak yang aus, dan rel kaca terlalu kotor.

Berikut akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi dan perawatannya agar tidak mudah macet. Mengutip Suzuki Indomobil Sales, setidaknya ada empat cara yang bisa dilakukan untuk mencegah power window tidak bekerja sebagaimana mestinya;
 

1. Gunakan power window seperlunya

Jangan terlalu sering menaikturunkan kaca mobil. Semakin sering kaca mobil dinaikturunkan, maka semakin sering power window digunakan dan akan cepat mengalami kerusakan.

Agar lebih awet dan tidak mudah macet, gunakan seperlunya saja. Jika kaca mobil diturunkan sedikit saja sudah cukup memasukkan udara dari luar ke dalam mobil, tidak perlu menurunkan kaca mobil secara keseluruhan.

Selain itu, jangan dengan sengaja dibuat mainan dengan menaik turunkan kaca mobil berkali-kali. Karena jika hal tersebut terjadi, bisa saja sekring mengalami kerusakan.

Sekring disini berfungsi sebagai pemutus aliran listrik untuk mengurangi risikoo terjadinya korsleting. Ketika sekring mengalami kerusakan, seluruh power yang ada tidak akan berfungsi.

Namun demikian, jangan biarkan power window tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jika mobil jarang ada penumpangnya atau hanya digunakan seorang diri yaitu pengemudinya saja, maka harus diwaspadai karena power window kaca belakang bisa macet karena terlalu lama tidak digunakan.

Untuk menjaganya agar kaca dapat bekerja dengan normal, maka kalian perlu menaik turunkan kaca mobil yang jarang digunakan tersebut secara rutin agar tidak mengalami kemacetan.
 

2. Bersihkan Kaca Mobil Secara Berkala

Kaca mobil sangat rentan terkena kotoran, terlebih kotoran yang ada pada rel kaca dapat mengakibatkan kaca macet dan tidak bisa dinaik turunkan karena terhambat oleh kotoran tersebut.

Membersihkan kaca secara berkala selain agar power window menjadi lebih awet, juga bisa mencegah komponen-komponen pada power tidak mudah berkarat.

Cara menjaga kaca agar tetap dalam kondisi bersih adalah dengan membersihkan seluruh bagian kaca secara rutin minimal setiap satu minggu sekali dengan menggunakan silicon spray yang ada di pasaran. Caranya dengan menyemprotkan silicon spray ke kaca dan sela-sela rel kaca secukupnya.

Namun, jika sebelum satu minggu kaca mobil mengeluarkan bunyi ketika dinaik turunkan, itu tandanya pada kaca mobil atau rel kaca terdapat kotoran. Solusinya bisa dengan menyemprotkan silicon spray pada kaca.

Penyemprotan sprayer pada kaca mobil dapat membersihkan semua kotoran yang menempel pada kaca maupun pada relnya. Selain itu, sprayer juga berfungsi sebagai pelumas. Cairan lain yang bisa digunakan untuk membersihkan kaca adalah cairan yang tidak dapat mengundang debu.

Jangan gunakan cairan yang bisa mengundang debu, seperti cairan yang berbahan dasar oil. Cairan semacam itu akan mengundang debu atau kotoran menempel.

Jika cairan ini digunakan kaca mobil akan semakin kotor. Cairan-cairan atau sprayer yang biasa digunakan untuk membersihkan komponen-komponen elektronika juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca mobil.
 

3. Gunakan Power Window Tanpa Dipaksa

Membuka dan menutup kaca jendela mobil, sebaiknya dilakukan seperlunya saja. Apabila terlalu sering dibuka dan ditutup, maka kemungkinan power window juga akan cepat rusak, apalagi kalau melakukannya secara kasar. 
 

4. Jaga Kondisi Karet Rel Kaca Tetap Lentur

Untuk mobil yang menggunakan karet pada rel kacanya, pastikan kondisi karet tetap baik, lentur dan tidak getas. Karet yang getas akan membuat kaca tersendat dan macet. Bahkan juga menyebabkan kaca tergores.

Untuk merawatnya bisa dengan membersihkan karet menggunakan shampo. Sampo dioleskan pada sekitar karet penjepit kaca. Kemudian, gerak-gerakkan naik turun sampai sampo merata dengan sendirinya. Jangan menggunakan minyak untuk membersihkannya, karena minyak bisa mengundang debu untuk menempel dan karet juga akan cepat getas.

Editor: Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

BLACKPINK Cetak Rekor lagi di YouTube lewat Kill This Love

BERIKUTNYA

Bunda Harus Tahu, Ini Penyebab Penularan Covid-19 di Sekolah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: