Midnight Mass. (Dok. Netflix)

Selain Midnight Mass, Mike Flanagan Juga Garap 5 Tayangan Adaptasi Novel Ini

25 September 2021   |   20:19 WIB

Baru-baru ini, serial mini beraliran horor supernatural Midnight Mass resmi tayang di platform Netflix. Bercerita komunitas masyarakat di pulau terpencil yang kedatangan seorang pendeta misterius dan mengalami banyak kejadian ajaib, garapan Mike Flanagan ini menjadi salah satu serial yang menegangkan dengan bumbu-bumbu religius yang kental.

Flanagan dikenal sebagai filmmaker yang banyak bergerak di produksi film horor dan beberapa di antaranya diadaptasi dari sejumlah novel. Berikut lima serial dan film buatannya yang diadaptasi dari sejumlah novel.

1. The Haunting of Hill House
 

Diadaptasi dari novel milik Shirley Jackson dengan nama yang sama dan dirilis pada tahun 1959, serial televisi ini merupakan salah satu karya yang menaikkan namanya sebagai filmmaker. Serial ini tayang pada 2018 dengan total 10 episode.

Serial ini bercerita dalam dua kronologi waktu yang berbeda dan berfokus pada lima bersaudara yang sudah dewasa dan masih mengalami kejadian paranormal di Hill House serta kilas balik kejadian pada 1992 yang menjadi akar dari kejadian saat satu keluarga melarikan diri dari rumah tersebut.

Instalasi pertama dari The Haunting ini mendapatkan respon yang baik karena akting, penyutradaraan, dan nilai produksinya hingga disebut sebagai "cerita horor yang efektif" sehingga membuatnya berlanjut pada instalasi keduanya, The Haunting of Bly Manor.

2. The Haunting of Bly Manor

Sekuel dari The Haunting of Hill House ini tayang pada 2020 dengan total 9 episode. Diadaptasi dari novel The Turn of Screw buatan Henry James pada 1898, serial instalasi kedua dari The Haunting ini diketahui memiliki narasi yang tidak menyambung dengan instalasi pertamanya.

The Haunting of Bly Manor berlatar tempat di Inggris, tepatnya di sebuah rumah jenis manor yang didatangi oleh seorang pembantu dari Amerika Serikat yang ditugaskan untuk mengurus dua anak di Bly tanpa tahu bahwa rumah tersebut berhantu. Seketika datang ke rumah itu, perempuan ini diketahui mengalami rangkaian kejadian paranormal selama di sana.

3. Gerald's Game

Berbeda dengan serial The Haunting yang mengadaptasi novel dan beraliran horor supernatural, Gerald's Game memiliki aliran horor psikologis dan thriller serta diadaptasi dari novel berjudul sama rilisan tahun 1992 milik Stephen King.

Gerald's Game berkisah tentang pasangan suami istri yang berlibur di sebuah rumah terpencil, tapi keduanya mengalami kejadian kurang menyenangkan dengan suami yang meninggal akibat serangan jantung dan istri yang diborgol di tempat tidur tanpa kunci. Sang istri harus menyelamatkan diri dan bertahan hidup sambil melawan sisi lain dirinya.

4. Doctor Sleep

Jika Genhype ingat dengan franchise film The Shining yang diadaptasi dari novel milik Stephen King, maka film Doctor Sleep merupakan salah satu instalasi dalam franchise tersebut. Akan tetapi, Doctor Sleep diadaptasi dari novel King yang ditulis pada 2013 sebagai sekuel dari novel The Shining tahun 1977. Sama seperti novelnya, film tahun 2019 ini juga merupakan sekuel dari film The Shining tahun 1980.

Berlatar waktu beberapa dekade setelah kejadian di The Shining, Doctor Sleep berfokus pada Dan Torrace yang kini sudah beranjak dewasa. Dia harus melindungi seorang anak perempuan dengan kemampuan the shining dari sekte True Knot. Sekte yang dipimpin Rose the Hat ini mengincar anak-anak dengan kemampuan tersebut untuk memperpanjang hidup para pengikutnya.

5. The Midnight Club
 

Buku novel The Midnight Club. (Dok. Simon & Schuster)

Buku novel The Midnight Club. (Dok. Simon & Schuster)

Serial daring untuk Netflix ini merupakan proyek milik Flanagan yang masih berjalan hingga saat ini. Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Christopher Pike yang dirilis tahun 1994, serial ini berfokus pada sekelompok anak muda dengan penyakit kronis yang tinggal di rumah sakit dan bertemu setiap malam untuk bercerita kisah seram.

Kisah ini kemudian mulai berlanjut ketika ketujuh anak muda ini membuat perjanjian bahwa orang yang pertama kali meninggal akan bertanggung jawab untuk menghubungi teman-teman lain dari dalam kubur. Dari sinilah, banyak kejadian aneh yang mengikuti mereka.

Meski The Midnight Club telah menyelesaikan syutingnya pada awal September 2021, jadwal penayangan maupun rincian lain dari serial ini belum diumumkan oleh Flanagan maupun Netflix.



Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Resmi dimulai Nanti Malam, Cek Jadwal Lengkap Netflix TUDUM

BERIKUTNYA

Garena Free Fire Kolaborasi Dengan Venom

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: