Ilustrasi mooncake. (Dok. Alexa Soh dari Unsplash)

Ikonik di Festival Mooncake, Ini 4 Varian Kue Bulan yang Populer

22 September 2021   |   20:42 WIB

Kue bulan atau mooncake merupakan hidangan ikonik yang disajikan saat Festival Mooncake atau Mid-Autumn Festival di sejumlah negara dan kota dengan masyarakat keturunan China seperti China, Taiwan, Hong Kong, Korea Selatan, Jepang, Malaysia, Singapur, dan lainnya. Hidangan dengan tekstur yang lembut dan padat ini memiliki berbagai macam varian rasa yang manis.

Di Indonesia sendiri, kue bulan memiliki bentuk bulat dan kotak dengan warna cokelat keemasan dan warna putih. Meski sama-sama kue bulan, keduanya memiliki perbedaan ukuran di mana kue bulan yang umum disajikan di beberapa negara memiliki bentuk yang kecil dan seringkali dijual dalam bentu paket sedangkan kue bulan putih biasanya berukuran setidaknya dua kali lebih besar dengan bentuk bulat.

Dengan variasi rasa kue bulan yang berbeda-beda, yuk cek 4 varian rasa kue bulan yang umum ditemui di pasaran!
 

1. Pasta kacang merah dan kacang hitam

Pasta kacang merah dan kacang hitam merupakan dua varian rasa yang banyak ditemukan di dalam kue bulan. Pasta dengan tekstur yang kental, halus, dan manis ini dibuat dari kacang merah dan kacang hitam yang biasa digunakan di beberapa makanan mulai dari sup hingga roti.

Meski memiliki rasa yang manis, kue bulan dengan pasta kacang bisa menjadi camilan yang dikonsumsi bersama dengan segelas teh tawar.
 

2. Pasta biji lotus putih

Berasal dari Kanton, isian biji lotus putih merupakan salah satu isian kue bulan yang populer di China dan di negara-negara lain. Kepopulerannya membuat isian ini menjadi salah satu yang paling mewah di antara isian kue bulan yang lain seperti daging babi.

Karena inilah, seringkali beberapa produk kue bulan rasa biji lotus ini dijual dengan tambahan isian kuning telur bebek atau tanpa tambahan dengan harga yang lebih mahal daripada kue bulan dengan varian lain.
 

3. Telur asin

Telur asin bukanlah varian rasa utama di dalam kue bulan, tapi penggunaanya sering menjadi tambahan untuk sejumlah varian utama seperti pasta kacang merah dan biji lotus. Umumnya telur yang digunakan sebagai tambahan isian kue bulan di bagian tengahnya adalah telur bebek karena kehadirannya menciptakan rasa yang kaya dengan unsur umami atau gurih.
 

4. Teh hijau

Digunakan sebagai isian untuk varian kue bulan yang lebih modern, umumnya isian ini populer untuk kue bulan yang dijual di Jepang dan negara-negara Asia Tenggara dengan bahan bubuk matcha atau teh hijau bubuk khas Jepang. Meski ada beberapa kue bulan berperisa teh hijau yang tidak memiliki tambahan, ada beberapa penjual yang menambahkan bahan lain seperti pasta biji lotus atau kacang-kacangan.

Selain empat varian ini, ada beberapa isian yang populer di negara lain tapi kurang populer di Indonesia seperti cokelat dan keju yang identik dengan perpaduan hidangan Timur dan Barat, lima kernel dan daging babi panggang yang dijual dengan harga mahal, dan campuran kacang atau wu ren yang merupakan varian rasa klasik dengan kombinasi kacang walnut, almond pahit, almond biasa, biji labu, dan biji wijen.


Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ini Manfaat Baby Oil untuk Perawatan Wajah

BERIKUTNYA

Kulit Gelap di Sekitar Kuku, Hati-hati Gejala Kanker

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: