iPhone SE 2020 (PRODUCT) Red (dok: Apple)

Coba Pembaruan iOS 15 di iPhone SE 2020, Ini Hasilnya!

22 September 2021   |   15:38 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Sistem operasi iOS 15 yang meluncur Senin (20/9/2021) waktu Amerika Serikat atau Selasa (21/9/2021) waktu sini masih jadi perbincangan pengguna Apple di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Tentu saja hal ini tak terlepas dari sejumlah fitur-fitur menarik yang dihadirkan untuk pertama kalinya.

Sebut saja Live Text yang mampu mengenali teks dalam foto, Focus yang berguna untuk mengurangi distraksi dari notifikasi saat bekerja atau melakukan aktivitas lainnya, peningkatan kemampuan peta, rangkuman notifikasi, perubahan tampilan peramban bawaan, hingga penambahan widget baru.

Namun, tak bisa dimungkiri masih ada saja pengguna yang ragu-ragu untuk memperbarui sistem operasi perangkat miliknya ke iOS 15. Alasannya macam-macam, khawatir kesehatan baterai (Battery Health) turun, ketahanan baterai yang berkurang, kemampuan penangkapan sinyal turun, munculnya bug atau gangguan, hingga berkurangnya kapasitas penyimpanan.

Dampak untuk perangkat yang tidak masuk secara resmi ke Indonesia, atau dikenal dengan perangkat bergaransi internasional (garansi inter), adalah hilangnya kemampuan menangkap jaringan. Memang, selama ini kerap ditemukan pengguna iPhone dengan garasi inter diketahui tak bisa menggunakan jaringan dari operator tertentu setelah memperbarui sistem operasinya.

Lantas apakah kekhawatiran yang disebutkan di atas terjadi setelah pembaruan iOS 15 dilakukan? Hypeabis.id berkesempatan menguji performa iOS 15 menggunakan perangkat iPhone SE generasi kedua atau iPhone SE 2020.

Pembaruan yang diunduh menggunakan jaringan Wi-Fi itu tuntas dalam waktu kurang dari satu jam, mulai dari pengunduhan hingga instalasi. Adapun, ukuran file yang harus diunduh untuk pembaruan iOS 15 di iPhone SE 2020 sebesar 5,82 GB.

Setelah pembaruan selesai, secara umum tidak ada yang berubah dari tampilan utama. Perubahan baru terlihat setelah membuka notifikasi yang mana ukuran hurufnya mengalami perubahan dan muncul rangkuman notifikasi (Notification Summary). 

Fitur-fitur lainnya, ketika dicoba berjalan dengan baik di iPhone SE 2020. Fitur Live Text yang hanya bisa dijalankan untuk perangkat dengan chipset A12 Bionic ke atas juga berjalan dengan baik di iPhone SE 2020. 

Untuk Battery Health, tidak terjadi penurunan seperti yang banyak dikhawatirkan. Battery Health bertahan di angka 98 persen untuk umur perangkat berumur lima bulan.

Sementara itu, untuk ketahanan baterai, sedikit lebih baik dibandingkan dengan pembaruan sebelumnya atau iOS 14.8. Untuk pemakaian normal, dari baterai terisi 90 persen hingga turun ke 20 persen bisa bertahan hingga 9,5 jam dengan screen on-time mencapai 5,5 jam.

Terakhir, untuk kapasitas penyimpanan, ini yang paling menggembirakan karena iOS 15 membuat kapasitas penyimpanan bertambah hingga 10GB. Hal ini tidak terlepas dari berkurangnya ukuran file lain-lain (Others).


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Kreasi Mentai Sushi Roll Ekonomis dengan Rasa Premium

BERIKUTNYA

Tengok Instalasi Seni Ramah Lingkungan di Markas Besar PBB

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: