Gmail di perangkat seluler (Unsplash/Solen Feyissa)

Bakal Ada Penambahan Filter Pencarian di Aplikasi Gmail Android

22 September 2021   |   12:15 WIB

Layanan Gmail untuk perangkat Android bakal mendapatkan opsi filter pada pencaian yang memudahkan pengguna mencai email tertentu. Fitur baru tersebut akan memungkinkan pengguna memfilter hasil pencarian email mereka dengan beberapa pilihan.

Google mengumumkan penambahan fitur pencarian Gmail untuk Android tersebut melalui postingan blog resminya. Fitur filter tersebut akan muncul di bawa kotak pencarian di aplikasi Gmail pada perangkat smartphone pengguna.

Untuk memudahkan pencarian pesan atau email tertentu, perusahaan menambahkan beberapa filter seperti nama pengirim atau jangka waktu tertentu. Jadi, saat ingin mencari pesan tertentu pengguna bisa merinci lebih jauh dan menemukannya lebih mudah.

Untuk penelusuran yang lebih cepat lagi, Gmail akan menyarankan istilah penelurusan berdasarkan informasi dari Akun Gmail pengguna seperti kontak, label, atau pesan. Hasilnya akan mencakup semua pesan kecuali yang ada di spam.

Mengutip laporan The Verge, fitur baru ini cocok dengan pembaruan widget khusus yang diterima Gmail untuk perangkat iOS tahun lalu. Adapun, fitur filter pencarian di Android mulai diluncurkan pada awal pekan ini dan akan sepenuhnya aktif pada akhir Oktober 2021.
 
Filter pencarian Gmail di Android (Google)

 
Dalam perkembangan lain, aplikasi Google untuk Android juga menerima pembaruan untuk mengontrl hasil pencarian yang lebih personal. Ini memungkinkan pengguna menonaktifkan/mengaktifkan opsi 'hasil pencarian yang dipersonalisasi' melalui aplikasi.

Artinya, perusahaan memberikan pilihan kepada pengguna untuk mengontrol hasil pencarian yang disesuaikan dengan preferensi masing-masing atau tidak. Fitur dari opsi terbaru ini meliputi beberapa hal.

Pertama, prediksi otomatis yang menyertakan prediksi penelusuran berdasarkan riwayat penggunaan. Kedua, jawaban pribadi seperti lokasi, pengingat, dan reservasi. Ketiga, rekomendasi berdasarkan aktivitas Google seperti apa yang perlu ditonton, tempat makan, dan lain-lain.

Jika pengguna ingin menghindari hasil pencarian personal seperti yang disebutkan, perusahaan memberikan opsi untuk mematikannya. Pengguna bisa mematikan pengaturan itu di menu Pengaturan lalu Hasil Pribadi pada aplikasi Google.


Editor: Avicenna
SEBELUMNYA

Billie Eilish Ungkap 2 Desain Air Jordan Kolaborasi dengan Nike

BERIKUTNYA

5 Film Adaptasi Terbaik dari Novel Stephen King

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: