Ilustrasi mooncake. (Dok. Alexa Soh dari Unsplash)

Ini 4 Kegiatan Sakral saat Festival Mooncake

21 September 2021   |   23:20 WIB

Festival Mooncake merupakan salah satu perayaan terpenting di Asia yang dirayakan oleh masyarakat keturunan China seperti China, Jepang, Vietnam, Malaysia, Singapur, dan negara-negara lain yang ditinggali masyarakat tersebut. Terjadi setiap hari ke-15 dari bulan kedelapan kalender Lunar, festival ini dirayakan dengan berbagai macam cara.

Pada umumnya, negara-negara dan kota-kota yang merayakan Festival Pertengahan Musim Gugur atau Mid-Autumn Festival memiliki hari libur sebanyak tiga hari jika perayannya bersentuhan di hari akhir pekan atau delapan hari jika hari liburnya pada tanggal 1-8 Oktober 2021 bersamaan dengan Hari Nasional Republik Rakyat Tiongkok.

Lantas, kegiatan apa saja yang dilakukan saat perayaan Festival Mooncake? Simak daftarnya berikut ini!

1. Makan kue bulan
 

Ilustrasi mooncake. (Dok. Chinh Le Duc dari Unsplash)

Ilustrasi mooncake. (Dok. Chinh Le Duc dari Unsplash)

Kue bulan merupakan makanan yang paling representatif dalam festival ini, di mana kue ini disajikan dengan berbagai bentuk dan rasa yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Mulai dari rasa kacang merah atau kacang hitam dengan telur asin dan biji lotus hingga rasa yang lebih modern seperti rasa cokelat dan matcha. 

2. Mengapresiasi bulan purnama
Bulan purnama memiliki makna reuni keluarga di dalam kebudayaan China, di mana bulan pada festival ini dianggap sebagai bulan yang paling cerah dan cantik sepanjang tahun.

Perayaan apresiasi ini bisa bersamaan dengan tradisi turun temurun yang dilakukan dengan sembahyang kepada leluhur melalui pemberian sajian, berdoa, dan membuat harapan kepada bulan. Setelahnya, sajian ini dibagikan di dalam keluarga.

3. Makan bersama keluarga
 

Ilustrasi makan bersama. (Dok. National Cancer Institute dari Unsplash)

Ilustrasi makan bersama. (Dok. National Cancer Institute dari Unsplash)

Dengan makna bulan purnama dan perayaannya yang penting membuat festival ini bermakna bagi keluarga yang kembali pulang ke rumah. Jamuan makan bersama menjadi kegiatan wajib yang dilakukan pada saat ini dengan menghidangkan beberapa sajian seperti kepiting, bebek, taro, dan labu.

Tidak hanya makan-makan saja, ada juga tradisi minum anggur Osmanthus dengan rasa yang mirip dengan anggur pada umumnya dan aroma bunga osmanthus yang harum.

4. Membuat dan menggantung lentera
Prakarya lentera menjadi salah satu kegiatan yang enggak boleh dilewatkan, terutama untuk anak-anak. Populer di Guangdong dan kawasan Hong Kong, kebiasaan ini bertujuan untuk membuat harapan-harapan baik agar bisa terwujud.

Lentera ini umumnya memiliki variasi bentuk mulai dari hewan, tumbuhan, atau bunga-bunga yang sudah dituliskan harapan dan digantung di pepohonan atau di rumah. Kebiasaan lainnya adalah menerbangkan lentera ini ke langit atau melepasnya di danau dengan harapan impian seseorang bisa terwujud.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Tanpa Oven, Yuk Bikin Mooncake Snow Skin ala Chef Devina Hermawan

BERIKUTNYA

ITZY Bawakan Kesan Manis & Galak dalam Teaser Video Klip LOCO

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: