Moon cake atau kue bulan (Sumber gambar: Houses Cheung/Unsplash.com)

6 Varian Kue Bulan yang Paling Banyak dinikmati di Indonesia

10 September 2022   |   08:29 WIB

Kue bulan atau mooncake menjadi salah tau makanan yang identik dengan Masyarakat Tionghoa. Bahkan kue bulan menjadi salah satu makanan khusus saat Festival Musim Gugur tiba di China setiap tahunnya. Kue bulan  tak hanya menjadi sajian khusus di China, namun juga sebagian besar masyarakat Tionghoa di Indonesia.

Biasanya, warga Indonesia menamai kue bulan dengan sebutan gwee pia. Berbentuk bulat dengan gambar bagian atas yang berbeda-beda, kue bulan mengartikan sebuah keutuhan. Dari sisi sejarah, asal mula kue bulan sebenarnya diperuntukan untuk penghormatan kepada leluhur di musim gugur yang merupakan masa panen penting bagi masyarakat Tionghoa di zaman dahulu. Lama kelamaan, kue bulan menjadi makanan umum yang khas dikonsumsi saat perayaan festival musim gugur tiba.

Kue bulan dibuat dengan berbagai macam metode yang berbeda-beda di wilayah China. Bahkan kue bulan di Guangdong, Beijing, Hongkong, dan Chaozhou memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Tidak hanya memiliki taste manis, kue ini juga memiliki rasa pedas dan asin tergantung isian kue bulan yang bervariasi.

Baca juga: Ini 4 Kegiatan Sakral saat Festival Mooncake

Isi kue bulan yang dijual di berbagai belahan dunia pun bermacam-macam bergantung pada penggunaan bahan di daerah tertentu. Di Indonesia, isian kue bulan biasanya bergantung dengan bahan kacang, pandan, hingga durian yang jarang ditemui pada kue bulan di negara lain.

Untuk metode pembuatan, masyarakat Tionghoa di Indonesia sering membuatnya dengan gaya Guangdong atau Chaozhou.

Nah, kira-kira apa saja ya varian kue bulan di Indonesia? Yuk simak!


1. Kue Bulan Kacang Merah

Kue bulan dengan cita rasa kacang merah adalah yang paling populer di Indonesia. Tidak hanya masyarakat Tionghoa, bahkan masyarakat umum Indonesia pun menyukai kudapan manis ini. Aroma khas kue bulan kacang merah juga sangat cocok jadi peneman minum kopi atau teh yang pahit.


2. Kue Bulan Cokelat

Masih dengan cita rasa manis, kue bulan ini sangat cocok untuk Genhype yang menyukai cokelat. Pasta cokelat yang kental dibalut kelembutan kue bulan ini cocok dijadikan camilan di musim gugur. Tidak pernah ada sebeluknya, varian cokelat merupakan hasil modifikasi kue bulan di wilayah Eropa.


3. Kue Bulan Snow Skin

Moon cake snow skin (Sumber gambar: Alexa Soh/Unsplash.com)

Moon cake snow skin (Sumber gambar: Alexa Soh/Unsplash.com)

Dibuat dengan metode dari Hongkong, kue bulan snow skin ini memiliki penikmatnya tersendiri di Indonesia. Populer di daratan China, kue bulan dengan varian snow skin terbuat dari beras ketan yang dibekukan. Dinamakan snow skin karena warnanya yang putih tampak seperti salju.


4. Kue Bulan Keju

Jika Genhype tidak terlalu suka dengan rasa manis, cobalah kue bulan keju yang menekankan cita rasa asin dan gurih. Selain itu, bagian luar kuenya juga lebih renyah dan mengenyangkan.


5. Kue Bulan Pandan

Varian pandan sangat identik dengan masyarakat Indonesia. Menggunakan olahan daun pandan yang dijadikan pasta, Genhype akan menemukan kejutan dari manis dan gurihnya cita rasa pandan di dalam kue bulan. Varian pandan juga merupakan hasil modifikasi dari kue bulan dengan menggunakan bahan yang umum ditemui di Indonesia.


6. Kue Bulan Kacang Hijau

Kacang hijau juga jadi isian kue bulan yang difavoritkan masyarakat Indonesia. Biasanya kacang hijau memiliki cita rasa yang pekat sehingga terkesan lebih mengenyangkan. Kue bulan berisi olahan kacang hijau ini bisa dinikmati bagi Genhype yang menyukai rasa manis dan gurih berpadu menjadi satu.

Genhype, mana nih varian kue bulan favorit kamu? Selamat menyambut Festival Musim Gugur ya!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 
SEBELUMNYA

Jadi Pembuka Toronto International Film Festival, Ini Sinopsis Film The Swimmers

BERIKUTNYA

Kisah Dewi Bulan yang Bersahaja, Sosok Legendaris dibalik Festival Kue Bulan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: