Ilustrasi. (Dok. Photo by Christina Morillo on Pexels)

Progate Berikan Pelatihan Coding Gratis untuk 15 Ribu Mahasiswa

21 September 2021   |   13:25 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Progate, platform pembelajaran coding secara daring, berkolaborasi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Himpunan Mahasiswa (HIMA) dari 100 lebih universitas di seluruh Indonesia. Pelatihan coding ini diselenggarakan secara gratis bagi mahasiswa selama libur semester. 

Mahasiswa yang berpartisipasi dalam pelatihan coding ini berasal dari berbagai perguruan tinggi ternama Indonesia seperti Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, hingga Politeknik Negeri Lhokseumawe, dan Universitas Tadulako yang berada di pelosok Indonesia. 

Melalui program ini, mahasiswa akan dapat mengerti bagaimana sebuah software dibuat, dasar-dasar pemrograman seperti frontend, backend, dan data analysis melalui tiga bahasa pemrograman mencakup HTML & CSS, SQL, dan Python.

Keunikannya, program ini dikemas secara khusus agar dapat seluruh mahasiswa dari berbagai jurusan, terutama mahasiswa yang tidak memiliki dasar coding sama sekali.

Norman Ganto, Country Manager Progate Indonesia, mengungkapkan inisiatif ini terinpirasi dari salah satu karyawan magangnya yang menceritakan bahwa pada musim libur antar semester banyak mahasiswa yang mencari kegiatan yang bermanfaat.

"Oleh sebab itu, lahirlah program ini dimana kami ingin membantu mahasiswa untuk mengisi waktu mereka dengan memperkenalkan ilmu coding," ujarnya melalui siaran pers.
 

Pelatihan coding secara daring oleh Progate. (Dok. Progate Global Indonesia)

Pelatihan coding secara daring oleh Progate. (Dok. Progate Global Indonesia)


Hingga September 2021, program ini telah diselenggarakan oleh 52 BEM dan HIMA yang diikuti oleh 5.200 mahasiswa dari berbagai jurusan. 

Inisiatif ini akan terus berlanjut sampai akhir tahun 2021 dan akan menjangkau hingga total 15.000 mahasiswa yang mengikuti pelatihan coding ini secara gratis.

Kerja sama ini akan semakin membuka kesempatan bagi seluruh mahasiswa Indonesia dari jurusan apapun untuk dapat mengembangkan skill di bidang teknologi khususnya coding

"Kami harapkan kedepannya akan dapat bermunculan talenta-talenta digital Indonesia yang berkualitas unggul dan siap kerja,” tambahnya.

Program ini dapat diakses oleh seluruh mahasiswa dari berbagai latar belakang akademis, tidak hanya untuk mahasiswa jurusan komputer, karena coding sendiri tidak hanya membangun keterampilan teknis tapi juga mengajarkan seseorang untuk membangun critical thinking dan problem solving yang dibutuhkan di semua profesi.

Sejak didirikan pada tahun 2014, Progate sudah memiliki 2,300,000 pengguna  aktif di lebih dari 100 negara di dunia. 


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

ITZY Akan Tampil Perdana di The Kelly Clarkson Show

BERIKUTNYA

10 Tips Rumah Sejuk Tanpa AC

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: