Ilustrasi. (Photo by Vie Studio on Pexels)

9 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Mood

19 September 2021   |   16:17 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

4. Pisang
Pisang kaya akan vitamin B6, yang membantu mensintesis neurotransmiter perasaan baik seperti dopamin dan serotonin. Selain itu, satu buah pisang besar (136 gram) mengandung 16 gram gula dan 3,5 gram serat.

Ketika dipasangkan dengan serat, gula dilepaskan perlahan ke aliran darah, memungkinkan kadar gula darah stabil dan kontrol suasana hati yang lebih baik. Kadar gula darah yang terlalu rendah dapat menyebabkan iritabilitas dan perubahan suasana hati.

5. Gandum utuh
Oat adalah gandum utuh yang dapat membuat kita tetap bersemangat sepanjang pagi. Oat bisa menikmatinya dalam berbagai bentuk, seperti oat, oatmeal, muesli, dan granola.

Serat membantu memperlambat pencernaan karbohidrat, memungkinkan pelepasan gula secara bertahap ke dalam aliran darah untuk menjaga tingkat energi tetap stabil.

Dalam sebuah penelitian, mereka yang makan 1,5-6 gram serat saat sarapan melaporkan suasana hati dan tingkat energi yang lebih baik. Ini dikaitkan dengan kadar gula darah yang lebih stabil, yang penting untuk mengendalikan perubahan suasana hati.

6. Beri
Anehnya, makan lebih banyak buah dan sayuran dikaitkan dengan tingkat depresi yang lebih rendah.

Meskipun mekanismenya tidak jelas, diet kaya antioksidan dapat membantu mengelola peradangan yang terkait dengan depresi dan gangguan mood lainnya.

Buah beri mengandung berbagai antioksidan dan senyawa fenolik, yang memainkan peran kunci dalam memerangi stres oksidatif - ketidakseimbangan senyawa berbahaya dalam tubuh Anda.

Beri sangat tinggi anthocyanin, pigmen yang memberi warna ungu-biru pada buah beri tertentu. Satu studi mengaitkan diet kaya antosianin dengan risiko gejala depresi 39% lebih rendah.
1
2
3


SEBELUMNYA

Terjual Rp225 Juta, Ini yang Membuat Harga Monstera Variegata Begitu Mahal

BERIKUTNYA

Profesional Women’s Week Optimalkan Multiperan Wanita Kala Pandemi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: