Ilustrasi. (Photo by Vie Studio on Pexels)

9 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Mood

19 September 2021   |   16:17 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Saat merasa sedih, kita mungkin tergoda untuk beralih ke makanan untuk mengangkat semangat. Namun, makanan manis dan berkalori tinggi yang dikonsumsi banyak orang memiliki konsekuensi negatif. Jadi makanan apa yang sehat dan dapat meningkatkan mood?

Baru-baru ini, penelitian tentang hubungan antara nutrisi dan kesehatan mental telah muncul. Namun, penting untuk dicatat bahwa suasana hati dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti stres, lingkungan, kurang tidur, genetika, gangguan suasana hati, dan kekurangan nutrisi.

Oleh karena itu, sulit untuk menentukan secara akurat apakah makanan dapat membangkitkan semangat kita.

Meskipun demikian, makanan tertentu telah terbukti meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan dan beberapa jenis gangguan mood.

Menurut para ahli gizi di Healthline, berikut ini adalah sembilan makanan sehat yang dapat meningkatkan mood kita.

1. Ikan berlemak
Asam lemak omega-3 adalah sekelompok lemak esensial yang harus Anda dapatkan melalui diet karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri.

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna albacore kaya akan dua jenis omega-3 - asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA) - yang terkait dengan tingkat depresi yang lebih rendah.

Omega-3 berkontribusi pada fluiditas membran sel otak dan tampaknya memainkan peran kunci dalam perkembangan otak dan pensinyalan sel. 
Sementara hasil penelitian masih beragam, satu tinjauan uji klinis menunjukkan bahwa dalam beberapa penelitian, mengonsumsi omega-3 dalam bentuk minyak ikan menurunkan skor depresi.

Meskipun tidak ada dosis standar, sebagian besar ahli setuju bahwa kebanyakan orang dewasa harus mendapatkan setidaknya 250-500 mg gabungan EPA dan DHA per hari.

Dengan kiasaran porsi salmon 3,5 ons (100 gram) menyediakan 2.260 mg EPA dan DHA, makan ikan ini beberapa kali per pekan adalah cara yang bagus untuk memasukkan lemak ini ke dalam makanan.

2. Cokelat hitam
Cokelat kaya akan banyak senyawa peningkat suasana hati. Terlebih gula dapat membuat seseorang merasa bahagia karena merupakan sumber cepat bahan bakar untuk otak.

Cokelat juga dapat melepaskan serangkaian senyawa perasaan-baik, seperti kafein, theobromine, dan N-acylethanolamine - zat yang secara kimiawi mirip dengan cannabinoid yang telah dikaitkan dengan peningkatan suasana hati.

Namun, beberapa ahli memperdebatkan apakah cokelat mengandung cukup senyawa ini untuk memicu respons psikologis.

Bagaimanapun, cokelat tinggi dalam flavonoid yang meningkatkan kesehatan, yang telah terbukti meningkatkan aliran darah ke otak, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan otak, yang semuanya dapat mendukung pengaturan suasana hati.

Karena cokelat susu mengandung bahan tambahan seperti gula dan lemak, sebaiknya pilih cokelat hitam — yang lebih tinggi flavonoid dan lebih rendah gula tambahannya.

3. Makanan fermentasi
Makanan fermentasi, yang seperti kimchi, yogurt, kefir, kombucha, dan asinan kubis, dapat meningkatkan suasana hati sekaligus menyehatkan sistem pencernaan.

Proses fermentasi memungkinkan bakteri hidup berkembang dalam makanan yang kemudian mampu mengubah gula menjadi alkohol dan asam.

Selama proses ini, probiotik dibuat. Mikroorganisme hidup ini mendukung pertumbuhan bakteri sehat di usus Anda dan dapat meningkatkan kadar serotonin.

Penelitian mulai menunjukkan hubungan antara bakteri usus yang sehat dan tingkat depresi yang lebih rendah. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami bagaimana probiotik dapat mengatur suasana hati.
1
2
3


SEBELUMNYA

Terjual Rp225 Juta, Ini yang Membuat Harga Monstera Variegata Begitu Mahal

BERIKUTNYA

Profesional Women’s Week Optimalkan Multiperan Wanita Kala Pandemi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: