Ilustrasi aktivitas startup (Pexels/Canva Studio)

AWS Umumkan Program Startup Ramp untuk Kawasan Asia Tenggara & Korsel

15 September 2021   |   19:25 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Dalam beberapa waktu terakhir, perusahaan rintisan atau startup menjadi sebuah fenomena. Mereka hadir menawarkan solusi atas permasalahan yang ada di masyakarat berbasis pemanfaatan teknologi. Hal tersebut juga mendorong munculnya banyak inkubator dan akselerator yang menjadi wadah pelaku untuk mengembangkan usahanya.

Salah satunya adalah Amazon Web Services (AWS) yang baru saja mengumumkan hadirnya program Startup Ramp untuk kawasan Asia Tenggara dan Korea Selatan, sebuah program bagi startup tahap awal untuk mendapat dukungan finansial dan teknis dari perusahaan layanan komputasi cloud tersebut.

Peluncuran AWS Startup Ramp di Asia Tenggara dan Korea Selatan merupakan lanjutan dari program awal yang telah dijalankan di India. Setelah negera tersebut, kini giliran Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Korsel yang kebagian.

Startup Ramp menitikberatkan pada pelaku yang memiliki ragam solusi pada sektor publik. Regional Managing Director for Worldwide Public Sector Asia Pacific and Japan AWS, Peter Moore, mengatakan pandemi telah membuka mata pentingnya percepatan transformasi digital di sektor publik.

Dalam kaitannya dengan hal ini, peran startup yang identik dengan solusi berbasis teknologi memiliki posisi penting untuk mendukung pemerintah menunaikan tugas mereka dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

Menurutnya, sinergi antara startup dan lembaga sektor publik ditambah dengan dukungan teknologi akan memunculkan ide baru yang bisa diimplementasikan menjadi solusi atas permasalahan yang kerap muncul di masyarakat, termasuk akibat pandemi.

"Kami senang AWS Startup Ramp telah hadir di Asia Tenggara dan Korea Selatan. Program ini menghadirkan kesempatan bagi startup yang baru memulai perjalanannya untuk menyelesaikan berbagai tantangan di sektor publik melalui solusi inovatif yang dikembangkan," tuturnya.

Adapun, program AWS Startup Ramp akan membantu pelaku dengan memberikan penelaahan terhadap desain teknis dan arsitektur solusi, menyediakan pendampingan dan pembimbingan, kredit untuk mengakses produk dan layanan AWS, hingga dukungan perencanaan go-to-market.

AWS mendorong agar pelaku startup di wilayah yang memiliki ide dalam mendukung tersedianya layanan publik lebih baik untuk mengajukan permohonan lewat situs web AWS Startup Ramp Accelerator. Perusahaan saat ini berfokus pada startup dengan pendanaan di bawah US$10 juta.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

5 Tips Perawatan Kulit agar Tetap Awet Muda

BERIKUTNYA

Film Detak Akan Segera Tayang di Bioskop Online

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: