Ilustrasi (dok. Freepik)

Dadah Pandemi, Begini Persiapan Kita Menuju Endemi

15 September 2021   |   06:11 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, sudah siap belum hidup berdampingan sama Covid-19? Pemerintah lagi menyusun peta jalan transisi dari pandemi menuju endemi guna mengendalikan laju penularan Covid-19 dan mengembalikan aktivitas masyarakat secara normal, loh. 

Nah, langkah awal yang bisa kamu lakukan cukup sederhana, yakni segera melakukan vaksinasi bagi yang belum, disiplin menerapkan protokol kesehatan, dan menerapkan gaya hidup sehat.  

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan Covid-19 diprediksi tidak hilang dalam waktu cepat. Oleh karena itu, pemerintah mengajak seluruh masyarakat untuk beradaptasi dan mengadopsi kebiasaan-kebiasaan baru agar dapat hidup sehat berdampingan dengan virus ini.  
 
“Sebagai bagian dari strategi dan skenario menuju hidup bersama Covid-19 tersebut, pemerintah mulai menyusun peta jalan transisi dari masa pandemi menuju endemi,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (14/9/2021).
 
Tidak hanya menjadi acuan dalam upaya menekan penularan Covid-19, peta jalan ini juga dibuat untuk memungkinkan masyarakat beraktivitas seperti biasa.  
 
Dalam menyusun peta jalan tersebut, Johnny menyebut pemerintah melibatkan stakeholder terkait dan menjadikan pengalaman negara-negara lain sebagai acuan. 

Peta jalan akan terus disempurnakan sesuai perkembangan penanganan Covid-19 di tanah air, dengan target pembukaan pada fatality rate kurang lebih 2 persen, kasus aktif kurang lebih 100.000, serta positivity rate kurang dari 5 persen. 
 
Adapun saat ini, pemerintah melakukan kegiatan percontohan atau pilot project peta jalan yang mengatur penerapan protokol-protokol kesehatan di 6 aktivitas utama, berikut diantaranya :

- Tempat perdagangan : pasar/toko modern, pasar/toko tradisional. 
- Transportasi publik : darat, laut, udara.  
- Destinasi Pariwisata : hotel, restoran, pertunjukan.  
- Kantor/Pabrik : pemerintah, swasta, bank, pabrik besar, UKM/IRT.
- Lokasi ibadah dan kegiatan keagamaan 
- Tempat pendidikan : PAUD, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi.  

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Penting untuk Masa Tua, Yuk Intip Hidup Sehat ala Agnez Mo

BERIKUTNYA

Jakarta x Berlin Kolaborasi Program Designers Lab

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: