Seoul Biennale of Architecture and Urbanism (SBAU) 2021-Dok. Situs resmi SBAU 2021

Arsitek Prancis Bicara Tata Kota Seoul di SBAU 2021, Apa yang Menarik?

14 September 2021   |   11:26 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Seoul Biennale of Architecture and Urbanism (SBAU) 2021 akan mulai digelar pada 16 September 2021 untuk melihat lanskap dan perencanaan kota dan bagaimana pandemi telah mengubahnya. Dengan arahan arsitek Prancis Dominique Perrault, biennale tahun ini bertema Crossroads: Building the Resilient City.

Pameran itu akan berfokus pada hubungan kompleks yang membentuk sebuah kota dan upaya kemanusiaan untuk membuat kota lebih berkelanjutan yang menampilkan sekitar 130 proyek perkotaan oleh 190 seniman dan 41 universitas.

“Edisi ketiga SBAU ini akan menyoroti pentingnya arsitektur dalam membentuk visi kami tentang pembangunan perkotaan masa depan. Sekitar seratus proyek inovatif telah dipilih untuk menggambarkan bagaimana kota kami dapat menjadi lebih tangguh,” ujar Duta Besar Prancis untuk Korea Selatan Philippe Lefort dikutip dari The Korea Times, Selasa (14/9).

 

Urban Air Mobility (UAM)-Dok. SBAU 2021

 

Urban Air Mobility/M. Valley (UAM)-Dok. SBAU 2021


Keterlibatan Prancis akan diwakili melalui partisipasi 15 firma arsitektur yang merupakan berbagai arsitek mapan dan baru dalam Pameran Tematik utama serta Pameran Kota dan Kota Tamu.

Arsitek Prancis sekaligus director pameran  Dominique Perrault mengatakan biennale ini berangkat dari tema crossroads atau ‘persimpangan jalan’ ide yang melintasi wilayah, bakat dan budaya. Ide itu kemudian dieksplorasi dalam dimensi yang lebih penting saat dia bersama tim mulai berbicara tentang ketahanan.

“Pameran ini menyatukan apa yang kami cari dan menambah semua tautan serta hubungan yang ada di sebuah kota, sebuah metropolis,” katanya.

Dia juga menyebut bahwa biennale kali ini mengeksplorasi konsep kota sebagai penemuan kolektif dan cara untuk pertumbuhan kota yang lebih berkelanjutan di bawah lima sub-tema yaitu Atas/ Bawah;Warisan/ Modern;Kerajinan/ Digital;Alami/ Buatan; dan Aman/Risiko.

Pada salah satu bagian pameran yang dikuratori oleh profesor arsitektur Universitas Nasional Seoul Choon Choi, akan diperkenalkan tiga proyek Prancis yaitu The City, Faraway, yang melihat keragaman kehidupan perkotaan dari kedekatan jalan hingga luasnya pemandangan kota.

The Art of Metropolitan Trails yang melihat ruang kreatif baru di metropolis dengan konteks perencanaan kota, seni, pariwisata dan lingkungan, serta pusat arsitektur arc en reve yang akan mempresentasikan upayanya untuk mempromosikan kesadaran budaya tentang arsitektur kepada anak-anak dan remaja.

Adapun, pameran ini akan berlangsung hingga 31 Oktober beberapa lokasi di Seoul di antaranya Dongdaemun Design Plaza, Seoul Hall of Urbanism and Architecture, dan Sewoon Plaza.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

EA Ajukan Paten yang Bisa Hasilkan Karakter dalam Gim dari Foto Dunia Nyata

BERIKUTNYA

Apple Minta Pengguna Segera Update ke iOS 14.8, Ini Loh Alasannya 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: