Ilustrasi olaharaga pasca Covid-19 (dok. Unsplash)

5 Olahraga yang Pas untuk Masa Pemulihan Covid-19

13 September 2021   |   18:11 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Pemulihan usai menderita Covid-19 bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan melakukan olahraga. Tentu pada tahap ini, tidak disarankan langsung melakukan olahraga berat karena sistem pernapasan belum sepenuhnya pulih setelah diserang virus tersebut.

Menurut pakar penyakit menular Amesh A. Adalja dari Johns Hopkins Center for Health Security, Amerika Serikat, meski sebagian besar kasusnya ringan, Covid-19 bisa menginfeksi saluran pernapasan atas yang biasanya menyumbat paru-paru.

Nah, berikut ini olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di rumah dalam rangka pemulihan pasca-terinfeksi Covid-19:

1. Yoga
Mengutip The Indian Express, yoga dan meditasi selama fase pemulihan banyak disarankan para dokter karena mendorong perhatian dan membantu memperkaya kesehatan mental. 

Jika kamu belum pernah melakukan yoga sebelumnya, ikuti kelas pemula dan cobalah melakukan gerakan sesuai kenyamanan kamu, pastikan untuk tidak melakukan gerakan apa pun yang membuat detak jantung meningkat.

2. Berjalan
Mulailah perlahan dengan berjalan di rumah selama 10-15 menit. Jika merasa nyaman tanpa sesak napas, kamu dapat menambah waktu secara bertahap sebanyak 5 menit.

3. Cat camel
Ini merupakan pose yoga yang dapat membantu menjaga tulang belakang tetap fleksibel dan bebas dari rasa sakit.

Selama Covid-19, kamu pasti lebih banyak berbaring atau duduk selama berjam-jam yang dapat mengencangkan otot tulang belakang. Melakukan cat camel akan membantu kamu memobilisasi otot-otot tulang belakang.

4. Latihan kaki
Biar tubuh bagian bawah kamu lentur kembali, coba berdiri di atas meja, lalu angkat dan turunkan tumit sebanyak 15 kali. Lihat apakah kamu dapat mengulanginya sebanyak 3 kali. 

Kamu juga bisa berlatih berdiri dengan satu kaki. Latihan kaki lainnya adalah menarik lutut ke atas ke arah dada sambil memegang meja. Kamu dapat mengulanginya 15 kali pada setiap kaki selama tiga siklus.

5. Hip bridges
Berada sendirian di ruangan dalam jangka waktu tertentu dapat mempengaruhi pinggul kamu yang pada akhirnya akan menyebabkan semua jenis nyeri sendi, terutama lutut. Penting untuk memperkuat, meregangkan pinggul, dan merawat kelompok otot yang sangat penting ini dengan melakukan hip bridges.

Caranya yakni dengan mengangkat pinggul. Posisi yang tepat saat mengangkat pinggul adalah posisi badan lurus dari lutut hingga pundak. Tahan posisi ini dalam dua hitungan perlahan, lalu turunkan perlahan. Ulangi sebanyak 10-12 repetisi. 


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Lana Del Rey Hapus Semua Akun Media Sosialnya

BERIKUTNYA

YoonA & Kim Seon-ho Akan Bintangi Film Komedi Romantis pada 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: