Ilustrasi demotivasi (dok: Unsplash/JESHOOTS)

Enggak Semangat Kerja? Bisa Jadi Kalian Lagi Demotivasi

13 September 2021   |   10:05 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Apakah kalian akhir-akhir ini merasa kehilangan gairah kerja? Rasanya terus tidak bersemangat dan tidak tahu bagaimana caranya membuat diri lebih bersemangat dalam bekerja. Jika merasa merasakan kondisi demikian, bisa jadi kalian sedang mengalami demotivasi.

Demotivasi merupakan salah satu masalah yang sering dialami karyawan. Walaupun demikian, masalah ini tidak boleh dibiarkan karena dapat mengganggu kebahagiaan, performa, dan produktivitas kerja. Sayangnya, masih banyak yang belum tahu bagaimana cara mengatasi demotivasi.

Psikolog, konselor aplikasi konseling karyawan Riliv Graheta Rara Purwasono menjelaskan demotivasi sebagai keadaan ketika seseoramh kehilangan semangat untuk melakukan sesuatu. Kondisi ini menyebabkan segala aktivitas dan pekerjaan yang harus dilakukan menjadi terhambat. 

Graheta juga mengatakan kalau penyebab munculnya demotivasi pada setiap orang berbeda-beda.

“Demotivasi tidak terjadi tanpa alasan. Makanya, walaupun terkesan sulit untuk bangkit dari demotivasi tapi masalah ini bisa Anda atasi,” katanya melalui keterangan resmi yang diterima oleh Hypeabis pada Senin (13/9/2021).

Untuk membantu kalian bangkit dari demotivasi, terdapat empat cara yang bisa dicoba. Mari kita simak satu per satu Genhype.

1. Cari tahu penyebabnya
Cara pertama mengatasi demotivasi adalah dengan mencari tahu sumber penyebab kalian merasa demotivasi. Apakah karena kalian terlalu sering lembur dan beban kerja kalian yang luar biasa besar?  Atau mungkin penyebab kalian tidak semangat kerja karena merasa tidak nyaman dengan rekan kerja dan atasan? Coba tanyakan kepada diri sendiri apa yang membuat kalian tidak semangat kerja. 

2. Isi ulang energi kalian dengan cara yang tepat.
Kapan terakhir kali kalian beristirahat? Kurang istirahat atau tidak pernah me-time menjadi salah satu penyebab Anda mengalami demotivasi.

Jangan ragu untuk memanjakan dan mengizinkan diri untuk recharge energi setiap harinya selama 30 menit sampai 1 jam. Isi ulang tenaga kalian dengan melakukan aktivitas yang kalian sukai misalnya dengan berolahraga, menonton film, atau mungkin mengobrol bersama teman atau pasangan.

3. Cari suasana baru.
Menata ulang tempat kerja juga menjadi cara mengatasi demotivasi. Selain itu, tata letak yang baru bisa menciptakan suasana baru. Dampaknya, membuat mood dan semangat kerja menjadi lebih baik. 

4. Tanyakan kepada diri sendiri, apa tujuan Anda bekerja.
Coba ingat-ingat alasan kalian bekerja hari ini. Apakah untuk membiayai diri sendiri dan keluarga? Atau karena kalian punya cita-cita tertentu yang ingin dicapai dari pekerjaan ini?

Dengan mengingat kembali tujuan kalian bekerja dan perjuangan yang harus dilalui untuk mendapatkan posisi atau pekerjaan, ini semua bisa membuat kalian kembali semangat kerja.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Justin Bieber Calon Artist of the Year, Ini Nominasi Lengkap MTV Video Music Awards

BERIKUTNYA

Amazon Umumkan Update Besar Kindle, Apa yang Baru?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: