Ilustrasi (Dok. Jonathan Borba/Unsplash)

Perhatikan Ini untuk Merasakan Manfaat dari Olahraga

12 September 2021   |   08:39 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu kunci untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan berolahraga. Namun, manfaat olahraga tidak bisa begitu saja didapatkan hanya dengan menjadikannya sebuah rutinitas. Kamu harus melakukannya dengan baik dan tepat agar olahraga bisa efektif dan memberikan manfaat yang maksimal untuk tubuh.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS) Grace Joselini Corlesa menuturkan sebelum memulai olahraga, penting sekali melakukan konsultasi atau skrining awal dengan dokter spesialis kedokteran olahraga.

“Olahraga apa yang aman dan sesuai dengan kondisi tubuh kamu,” ujarnya dalam suatu diskusi virtual, belum lama ini.
 

Ilustrasi (Dok. Gabin Vallet/Unsplash)

Ilustrasi (Dok. Gabin Vallet/Unsplash)

Grace menyebutkan bahwa menurut data Southwest Athletic Trainers Association (SWATA) pada tahun 2009, lebih dari 100 atlet meninggal karena kondisi terkait olahraga. Dari data tersebut, remaja usia 15-17 lebih sering dirujuk ke unit gawat darurat karena kondisi akibat olahraga.

“Dampak lain yang bisa timbul akibat olahraga di antaranya cedera hingga serangan jantung,” katanya.

Oleh karena itu, setiap orang yang akan memulai olahraga perlu melakukan pemeriksaan prapartisipasi ke dokter spesialis kedokteran olahraga. Nantinya, dokter akan menilai kesehatan fisik dan mental atlet atau non atlet sebelum menjalani latihan atau kompetisi olahraga.

Tak hanya itu, beberapa manfaat lainnya di antaranya adalah mendeteksi kesehatan, mencegah dan meminimalisir risiko cedera, menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan kebugaran, dan mengetahui rekomendasi olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

10 Makanan Ini Dipercaya Dapat Bantu Turunkan Kolestrol

BERIKUTNYA

5 Makanan Ini Baik untuk Memulihkan Kekuatan Otot setelah Olahraga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: