Ilustrasi olahraga bulu tangkis (Dok. Mahmur Marganti/Unsplash)

Hari Olahraga Nasional, Ini 5 Sport yang Paling Populer

09 September 2021   |   14:21 WIB

Genhype, setiap 9 September, Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional altau Haornas. Peringatan tersebut bermula dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) I pada 9-12 September 1948 di Solo, Jawa Tengah. Nah, PON sendiri ternyata punya kaitan sejarah dengan kompetisi olahraga dunia lho. 

PON I sendiri digelar karena pada tahun 1948 atlet-atlet Indonesia tidak bisa mengikuti kompetisi olahraga dunia Olimpiade XIV/1948 di London, Inggris. Hal itu disebabkan pada saat itu kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia belum diakui oleh dunia serta paspor Indonesia pun tidak diakui oleh Pemerintah Inggris.

Pada akhirnya, Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) memutuskan untuk menyelenggarakan kompetisi dalam negeri yang diberi nama Pekan Olahraga Nasional. Nah, untuk memperingati Haornas 2021, berikut ini 5 olahraga paling populer di Indonesia menurut Survei Nielsen tahun 2020.
 

1. Bulu Tangkis (71 persen)

Survei Nielsen menempatkan bulu tangkis pada posisi pertama sebagai olahraga paling populer di Indonesia. Hal itu juga pernah dibuktikan pada survei Nielsen saat perhelatan Asian Games 2018 lalu. Nielsen menyebut bahwa bulu tangkis menjadi salah satu pengikat nasionalisme penonton. Bulu tangkis adalah salah satu cabang olahraga yang dimainkan oleh dua orang pada sektor tunggal atau dua pasangan pada sektor ganda.

Permainannya bertujuan untuk memukul bola kok yang harus dapat melewati net dan jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan, dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.
 

2. Sepak Bola (68 persen)

Bukan rahasia umum jika sepak bola menjadi salah satu olahraga populer di dunia. Tidak hanya di Indonesia, sepak bola juga populer di beberapa negara besar seperti Inggris, Brazil, Spanyol, dan Italia. Bahkan, memasuki abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara. 

Sepak bola sendiri merupakan olahraga beregu yang terdiri dari 11 pemain dalam 1 timnya. Satu orang bertugas menjadi penjaga gawang, 10 pemain lainnya menjadi pemain bertahan, tengah, dan penyerang.
 

 Ryan Clark

Ilustrasi olahraga sepak bola (Dok. Ryan Clark/Unsplash)


3. Bola Basket (48 persen)

Basket adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 5 orang pemain. Kedua tim tersebut bertanding untuk mencetak poin dengan memasukkan bola ke keranjang lawan. Jumlah penggemar bola basket di dunia tercatat sebanyak 400 juta orang.

Beberapa pemain terkenal olahraga bola basket di antaranya adalah Michael Jordan, Lebron James, dan Kobe Bryant. Selain di Indonesia, bola basket juga sangat digemari oleh penduduk Amerika Serikat, China, Lithuania, Turki, dan Prancis.
 
SEBELUMNYA

Tak Perlu Takut Tertular Covid-19 di Toilet Umum. Ini Alasannya

BERIKUTNYA

Bukan Cuma Sehat, Olahraga Meningkatkan Daya Ingat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: