Ilustrasi (dok. Unsplash)

Tak Perlu Takut Tertular Covid-19 di Toilet Umum. Ini Alasannya

09 September 2021   |   13:46 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, kamu enggak perlu takut tertular Covid-19 di toilet umum ya. Pasalnya dalam sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari The Australian National University (ANU) menyebut tidak ada bukti penularan Covid-19 melalui udara di dalam toilet umum. 

Dalam tinjauan sistematis yang diterbitkan di jurnal Science of Total Environment, para peneliti melihat risiko penularan berbagai infeksi virus dan bakteri melalui inhalasi, kontak permukaan, dan transmisi fekal-oral di toilet umum dalam penelitian yang diterbitkan selama 20 tahun dari 2000 hingga 2020.

Adapun transmisi fekal–oral menggambarkan rute penularan penyakit ketika patogen dalam partikel tinja seseorang berpindah ke mulut orang lain. "Kami tidak menemukan bukti penularan patogen melalui udara, termasuk Covid-19, di toilet umum," kata Profesor ANU Sotiris Vardoulakis dikutip dari Medical Xpress, Kamis (9/9/2021).

Dia menuturkan risiko tertular Covid-19 dari toilet umum rendah jika kita menjaga kebersihan tangan dengan baik dan kamar mandi tersebut dibersihkan secara berkala.

"Kami menyadari orang-orang khawatir menggunakan toilet umum selama pandemi, tetapi jika kamu meminimalkan waktu di kamar mandi, mencuci dan mengeringkan tangan dengan benar, tidak menggunakan ponsel, makan atau minum, maka risiko penularannya rendah,” jelas Vardoulakis.
 
ilustrasi toilet umum/istimewa
Ya, menjaga kebersihan tangan ternyata efektif mencegah penularan Covid-19. Sementara itu, dia mengatkan ada sejumlah alasan mengapa toilet umum berisiko rendah terjadinya transmisi, itu karena orang tidak menghabiskan waktu lama di kamar mandi dan tidak berinteraksi dengan orang lain.

Kendati demikian, penelitian ini menemukan pipa ledeng yang rusak dapat meningkatkan risiko penularan virus tersebut. Menurut para peneliti, sampel lingkungan dari toilet di bangsal rumah sakit Covid-19 di Singapura, China, Inggris, dan Italia menunjukkan bukti keberadaan SARS-CoV-2 pada permukaan kamar mandi umum termasuk mangkuk dan tutup toilet, wastafel, keran dan saluran pembuangan, dan pegangan pintu toilet.

"Kontaminasi berbeda dengan penularan. Kami menemukan permukaan toilet umum dapat terkontaminasi bakteri dan virus patogen. Namun, kebersihan tangan yang efektif, pembersihan permukaan dan perawatan yang baik meminimalkan risiko infeksi,” jelas Profesor Vardoulakis.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Ladies, Kenali Risiko Kanker Serviks dan Cara Mencegahnya Yuk

BERIKUTNYA

Hari Olahraga Nasional, Ini 5 Sport yang Paling Populer

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: