Ilustrasi orang tua dan anak. (Dok. Pavel Danilyuk dari Pexels)

Si Kecil Suka Tunda Pekerjaan? Bunda Bisa Bantu dengan 6 Cara Ini

08 September 2021   |   21:43 WIB

Menunda pekerjaan merupakan kebiasaan yang cenderung dilakukan banyak orang sehingga membuat tugas dan pekerjaan jadi terbengkalai. Kejadian ini bisa juga dilakukan anak yang masih sekolah. Biasanya hal itu karena kurangnya motivasi, kedisiplinan diri, dan manajemen waktu yang kurang baik, hingga kebosanan.

Akan tetapi, mengatasi penundaan pekerjaan pada anak-anak dan remaja membutuhkan cara-cara yang berbeda ketimbang ketika berhadapan dengan diri sendiri yang sudah dewasa. Untuk itu, ini enam tips yang bisa dilakukan untuk membantunya keluar dari kebiasaan ini.

1. Tanyakan alasan
Sebagai orang dewasa, ada kalanya Genhype bisa menanyakan mengapa si kecil tidak mau mengerjakan tugas sekolah atau pekerjaan rumahnya. Dari sini, carilah penyebabnya tanpa menuduh atau membuat asumsi terhadap pengamatan pribadi.

2. Cari solusi bersama
Jika sudah menemukan alasannya, Genhype bisa mulai memprioritaskan pemecahan masalah dengan berdiskusi dengan si kecil solusi dari masalah ini sekaligus mengajarkannya tentang prioritas dalam sebuah pekerjaan.

3. Realistis dengan ekspetasi
Jika Genhype sudah mulai membahas solusi dan kesepakatan, jangan terlalu berekspetasi tinggi karena hal ini bisa mengurangi semangat si kecil untuk mencoba keluar dari kebiasaan menunda pekerjaan. 

4. Berikan tugas atau pekerjaan pelan-pelan
Saat menugaskan pekerjaan rumah kepada si kecil, upayakan untuk memberikannya secara perlahan dengan tidak membebaninya terlalu banyak. Selain untuk mengurangi stres, hal ini juga bisa membuatnya nyaman dalam mengerjakan tugas tersebut sehingga ke depannya bisa lebih terbiasa dalam mengerjakannya segera.

5. Beri pujian
Ketika si kecil sedang atau sudah selesai mengerjakan pekerjaan rumah, berikan penghargaan berupa pujian bahwa dia telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan tepat waktu, Dengan itu, dia akan termotivasi untuk bekerja dengan lebih giat.

6. Jadi contoh yang baik
Pembelajaran kepada anak enggak lepas dari peran orang dewasa sebagai contoh bagi si kecil. Dengan memberikan contoh yang baik, Genhype juga memberikan sesuatu yang baik untuk ditiru sehingga hal ini akan memberikan pengaruh baginya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

6 Cara Memproteksi Anak dari Ancaman Pedofil

BERIKUTNYA

Terbaru! Pfizer Uji Coba Pil ‘Pembunuh’ Covid-19

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: