Cuplikan film Dune (Dok. Warner Bros Pictures)

Tayang Perdana, Film Dune Dapat Standing Ovation 8 Menit

06 September 2021   |   12:35 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Film Dune garapan sutradara Denis Villeneuve sukses tayang secara world premiere di Venice Film Festival ke-78. Berdurasi sepanjang 155 menit, pemutaran film yang merupakan adaptasi dari novel fiksi ilmiah klasik karya Frank Herbert itu mendapat tepuk tangan meriah selama 8 menit dari para penonton di Sala Grande.

Apresiasi tersebut merupakan yang terlama dalam sejarah Venice Film Festival, melampaui tepuk tangan meriah selama 5 menit untuk film Parallel Mothers yang juga tayang dalam festival tahun ini.

Menurut laporan The Hollywood Reporter, sutradara pemenang Oscar Chloe Zhao sekaligus anggota juri kompetisi festival tahun ini, bergegas menyambut sutradara Villeneuve untuk memberikan pelukan sambil berteriak “fantastis!” di tengah standing ovation dari para penonton.
 

Tak hanya itu, raut kebahagiaan juga datang dari salah satu pemeran film Dune, Timothée Chalamet. Dalam sebuah video yang beredar di Twitter, Chalamet terlihat memeluk hangat Villeneuve setelah film tersebut mendapatkan sambutan yang meriah.

Sebelumnya, Villeneuve sempat membeberkan kesan yang dia peroleh setelah membaca buku setebal 400 halaman karya Herbert. Menurutnya, buku tersebut menggambarkan potret kehidupan abad ke-20 yang seiring waktu menjadi prediksi tentang apa yang akan terjadi di abad ke-21.

“Sayangnya buku itu jauh lebih relevan saat ini tentang bahaya perpaduan antara agama, politik, bahaya tokoh-tokoh mesias, dampak kolonialisme hingga masalah lingkungan. Saya berharap itu tidak terjadi tetapi saya pikir film ini akan berbicara kepada dunia sekarang lebih dari yang seharusnya dilakukan 40 tahun yang lalu,” ungkapnya dalam konferensi pers di Venice Film Festival.

Adapun, film Dune sendiri bercerita tentang perjalanan Paul Atreides (Timothée Chalamet), pemuda yang brilian dan berbakat sejak lahir. Dia harus melakukan sebuah perjalanan menegangkan ke Planet Arrakis yang sangat berbahaya di alam semesta bersama keluarganya.

Hal itu dia lakukan untuk memastikan keamanan masa depan, keluarga, dan rakyatnya, karena planet itu berisi sumber daya alam yang penting berupa rempah-rempah yang digunakan untuk keberlangsungan hidup pada masa mendatang. Oleh karena itu, keluarga itu harus bisa mengolah dan menjaganya dengan baik di tengah persaingan yang ketat oleh kerajaan lain yang ingin menguasai planet tersebut.

Film Dune dijadwalkan akan tayang di platform streaming HBO Max pada 22 Oktober 2021 mendatang.
 


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Ada Stiker Money Heist di WhatsApp, Begini Cara Download & Pakainya

BERIKUTNYA

Rich Brian Jadi Musisi Indonesia Pertama dengan 10 Juta Pendengar Bulanan Spotify

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: