Ilustrasi anak-anak (Dok. Kuanish Reymbaev/Unsplash)

Ternyata Ini 6 Kelebihan Orang-orang dengan ADHD

04 September 2021   |   15:50 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, tahukah kalian dengan gangguan sistem saraf yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan fokus pada tugas, memperhatikan, atau mengelola perilakunya? Gangguan ini biasa disebut dengan istilah  attention deficit hyperactivity disorder atau ADHD.

Beberapa karakteristik utama seseorang mengalami ADHD adalah kekurangan perhatian, hiperaktif, impulsif, hingga mengalami tingkat energi yang sangat tinggi. Seperti dilansir Healthline, sejauh ini tidak ada tes yang pasti untuk mendiagnosis gangguan ADHD.

Namun, penyedia layanan kesehatan dapat mengevaluasi anak-anak atau orang dewasa untuk kondisi tersebut berdasarkan beberapa gejala di antaranya adalah menjadi sangat tidak sabar, mengalami kesulitan melakukan tugas dengan tenang, kesulitan mengikuti instruksi, sering kehilangan barang, sering berbicara sepertinya tanpa henti, dan sering tampak seolah-olah mereka tidak diperhatikan.

Baca juga: 4 Mitos tentang ADHD, Bukan Sekadar Kurang Motivasi Apalagi Malas

Alih-alih menutup banyak potensi, mereka yang didiagnosis mengalami ADHD justru memiliki beberapa manfaat dan kelebihan yang bisa menjadi kekuatan bagi mereka seperti berikut ini.

1. Hiperfokus

Menurut sebuah penelitian, beberapa orang dengan ADHD mungkin saja menjadi hiperfokus. Hal itu membuat mereka begitu fokus pada suatu tugas sehingga mereka mungkin tidak memperhatikan dunia di sekitarnya. Manfaatnya adalah, ketika diberi tugas, seseorang dengan ADHD dapat mengerjakannya sampai selesai tanpa merusak konsentrasi.

2. Ketangguhan

Orang-orang yang mengalami ADHD juga dinilai memiliki ketangguhan. Hal itu disebabkan banyaknya tantangan dan kesulitan yang harus mereka atasi dalam keseharian. Mengalami hambatan dan berhasil melewatinya, mereka justru mampu membangun ketahanan dalam diri karena sering berlatih untuk pulih dari kemunduran yang lebih sering daripada orang lain. Hal tersebut telah terbukti menghasilkan karakter yang kuat dan bermanfaat dalam banyak hal.
 

Bb

Ilustrasi anak-anak (Dok. CDC/Unsplash)

3. Energik

Beberapa individu dengan ADHD seringkali memiliki jumlah energi yang tampaknya tak ada habisnya. Meskipun tak sedikit orang menganggap hal tersebut sebagai suatu hal yang mengganggu, mereka justru memiliki kesempatan untuk menyalurkan energi tersebut untuk bisa berkembang mulai dari lingkungan pertemanan, sekolah, hingga di tempat kerja.
 
1
2


SEBELUMNYA

BTS & Chris Martin Bakal Tampil Bareng di Serial Youtube Released

BERIKUTNYA

Tokyo Metropolitan Art Museum & Medicom Rayakan Karya Van Gogh dengan Bearbrick

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: