Ilustrasi (Photo by Ketut Subiyanto from Pexels)

Belajar Jadi Barista di Rumah dengan Acepresso

01 September 2021   |   14:13 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Sudah lama kebanyakan kita berada di rumah saja, dan mungkin ada Genhype yang kangen menikmati kopi ala kafe. Nah, untuk yang rindu menikmati kopi ala coffee shop tapi ingin mencoba menyeduhnya sendiri, ACE, yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group, mengadakan workshop virtual Menjadi Barista di Rumah Bersama Acepresso pada 28-29 Agustus 2021.

Dalam workshop ini, ACE menghadirkan trainer andal untuk mengajarkan teknik-teknik penyeduhan kopi kepada para member yang merupakan pecinta kopi dan tertarik untuk mempelajari cara membuat kopi nikmat ala coffee shop di rumah.
 
Loyalty Program Manager ACE Bella Wilvensus menuturkan workshop ini dihadirkan oleh ACE sebagai salah satu program engagement dengan para member ACE Rewards, sekaligus mengajak mereka untuk tetap semangat dan tetap produktif di rumah. 

Sebanyak 120 peserta mengikuti workshop ini dengan antusias. 
 

Workshop virtual Menjadi Barista di Rumah Bersama Acepresso. (Dok. Kawan Lama Group)

Workshop virtual Menjadi Barista di Rumah Bersama Acepresso. (Dok. Kawan Lama Group)


"Kami berharap pengetahuan dan teknik-teknik yang dibagikan dapat membantu para member ACE mempelajari cara-cara penyajian kopi yang sesuai dengan selera masing-masing," ujarnya.

Pada workshop ini, peserta diajarkan ilmu meracik kopi yang komprehensif dari trainer berpengalaman sehingga mereka dapat membuat kopi di rumah dengan cita rasa yang tidak kalah dengan yang disajikan oleh kedai kopi. 

Terdapat dua jenis kelas yang dapat diikuti, yaitu kelas V60, teknik seduh kopi dengan menuangkan air panas secara perlahan dengan gerakan melingkar, dan french press, yaitu teknik menyeduh kopi menggunakan teko khusus. 

Workshop dimulai dengan pengenalan dasar mengenai jenis-jenis dan karakteristik biji kopi, penjelasan detail untuk setiap step dalam metode penyeduhan, hingga beberapa resep menu kopi dari trainer.

Saat ini, kopi merupakan minuman yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. 
 

Ilustrasi (Photo by Los Muertos Crew from Pexels)

Ilustrasi (Photo by Los Muertos Crew from Pexels)
 

Kekayaan cita rasa dan aroma dari seduhan bubuk biji kopi yang menjadi ciri khas minuman berkafein ini membuat banyak orang terpikat untuk mencicipi kopi setiap hari. 

Di samping itu, tersedianya macam-macam biji kopi dengan karakteristik berbeda serta berbagai teknik dalam penyeduhannya membuat dunia kopi menjadi begitu menarik untuk dieksplorasi. 

Operations Manager Acepresso Andrew Anderson yang juga barista bersertifikat mengatakan komoditi  kopi di Indonesia kini terus menunjukkan tren yang luar biasa. 

Tercatat dalam data yang dikeluarkan International Coffee Organization (ICO), rata-rata konsumsi kopi di Indonesia meningkat 3,4 persen setiap tahun. 

Tidak heran, jumlah coffee Shop di Indonesia pun naik hampir tiga kali lipat dalam beberapa tahun belakangan.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Wow, Telegram Diunduh 1 Miliar Kali di Seluruh Dunia

BERIKUTNYA

Gejala Kecemasan Jadi Masalah Mental yang Paling Banyak Dilaporkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: