Keliling Seoul bersama Kimbap Family. (Dok. Youtube Kimbap Family)

5 Destinasi Wisata Ramah Muslim di Korea Selatan

01 September 2021   |   06:11 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Tidak mudah bagi wisatawan muslim untuk menemukan makanan atau musala yang sesuai dengan syariat Islam di negara non-Islam. Apalagi kalau Genhype berencana berlibur ke Korea Selatan dan terhalang perbedaan bahasa ketika berada di sana.

Untuk memudahkan wisatawan muslim menikmati perjalanan mereka di Negeri Ginseng, Korean Tourism Organization telah berupaya untuk menyusun daftar destinasi liburan yang ramah muslim.

Sebagai salah satu tujuan wisata popular, Korea Selatan dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. 

Banyak lokasi wisata di Korea Selatan yang bisa didatangi oleh keluarga, misalnya wisata sejarah, wisata alam dan wisata yang bertema edukasi.

Contohnya istana Gyeongbokgung dan istana Deoksugung, museum-museum, taman kota, perpustakaan, bahkan pasar tradisional.

Meski bukan negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, Korea Selatan termasuk aman dan nyaman didatangi oleh wisatawan muslim.

Restoran bersertifikat halal dan ramah muslim sudah banyak bermunculan di kota-kota besar dan mudah ditemukan. Selain itu, fasilitas ibadah seperti masjid dan mushola pun dapat ditemui di tujuan wisata, salah satunya adalah mushola di pusat perbelanjaan COEX Mall, Gangnam.

Berikut ini rekomendasi destinasi wisata ramah muslim di Korea Selatan, khususnya Kota Seoul, yang sudah dikurasi oleh youtuber, Kimbap Family.

1. Istana Deoksugung
 

Istana Deoksugung (Dok. Kimbap Family)

Istana Deoksugung (Dok. Youtube Kimbap Family)
 

Ketika berlibur ke Korea Selatan ada satu agenda yang sayang kalau dilewatkan nih, Genhype. Terutama bagi kalian yang baru pertama kali datang ke Korea Selatang, coba luangkan waktu satu hari untuk berjalan santai di kompleks istana Deoksugung sambil mengenakan baju tradisional mereka yaitu Hanbok.

Ada banyak pilihan hanbok cantik yang bisa kalian sewa per jam atau per hari. Ini bisa jadi pengalaman yang unik dan hanya bisa kalian rasakan ketika berada di sana.

Istana Deoksugung pada awalnya bukan istana kerajaan, melainkan rumah kediaman Pangeran Wolsan (1454-1488), kakak Raja Seongjong (1469-1494) dari dinasti Joseon. 

Baru pada tahun 1593 istana tersebut digunakan sebagai istana sementara keluarga kerajaan setelah rumah mereka dibakar selama Perang Imjin.

Nama Deoksugung berarti istana yang membawa umur panjang dan kebajikan.

2. Osegyehyang Restaurant 
 

Osegyehyang Restaurant  (Dok. Youtube Kimbap Family)

Osegyehyang Restaurant  (Dok. Youtube Kimbap Family)


Restoran ini menyediakan makanan vegetarian dan sudah memiliki sertifikat halal. Terletak di kawasan Insa-dong, Osegyehyang Restaurant  juga bisa Genhype temukan di website halalroad.com.

Di sini kalian bisa mencoba bulgogi yang berbahan dasar kacang dengan tekstur yang mirip dengan daging.

3. COEX Mall (Starfield Library dan Mushola)
 

Starfield Library  (Dok. Youtube Kimbap Family)

Starfield Library (Dok. Youtube Kimbap Family)


Terletak di tengah-tengah COEX Mall, Starfield Library adalah ruang publik terbuka di mana siapa pun dapat dengan bebas datang untuk duduk, beristirahat, dan membenamkan diri dalam buku bersama dengan para bibliofil lainnya.

Berbagai pilihan buku dalam berbagai genre seperti humaniora, ekonomi, hobi, dll sudah tersedia. Seluruh bagian perpustakaan didedikasikan untuk buku-buku asing dan penulis terkenal.

Selain Seoul Central Mosque, kota ini juga memiliki fasilitas ibadah bagi Muslim yang terletak di dalam COEX Mall. Fasilitas musala di sini cukup besar dan kebersihannya sangat terjaga.

4. Changshin-dong Toy Street

 

Changshin-dong Toy Street (Dok. Youtube Kimbap Family)

Changshin-dong Toy Street (Dok. Youtube Kimbap Family)

 

Pasar Grosir Mainan Changsin-dong adalah pasar mainan dan alat tulis terbesar di Korea dengan lebih dari 100 toko. Pasar ini menjual berbagai macam mainan, seperti robot, boneka, mainan kitchen set , segala macam alat tulis dan perlengkapan pesta.

Toko-toko di pasar ini menjual barang dengan harga rata-rata 30 hingga 40 persen lebih rendah daripada di toko ritel. Pelanggan bisa mendapatkan mainan dan alat tulis berkualitas baik buatan Korea.

Selain itu, pasar mainan ini mudah dijangkau dari Dongdaemun Fashion Street, distrik perbelanjaan terkenal di Korea, sehingga sangat cocok untuk menggabungkan kunjungan pada waktu yang sama.

5. Mangwon Market
 

Mangwon Market (Dok. Youtube Kimbap Family)

Mangwon Market (Dok. Youtube Kimbap Family)


Untuk Genhype yang lebih suka jajanan pasar, wajib nih datang ke Mangwon Market.

Pasar ini terletak di kawasan Mangwon Mapo-gu, Seoul. Pasar tradisional ini adalah rumah bagi banyak restoran lezat dan penjual ramah yang menawarkan bahan-bahan segar di lingkungan yang bersih.

Jajanan pasar di Korea Selatan yang ramah Muslim dan bisa kalian coba antara lain hotteok, kalguksu, kimchi jeon, egg bread, ayam pedas manis, buah buahan segar dan masih banyak lagi.

Muslim Friendly Korea Online Festival 2021 juga akan digelar selama tiga hari, 29 – 31 Oktober 2021. Festival daring ini akan menyajikan pilihan menu mulai dari fashion, makanan, hallyu dan wellness, tentunya yang ramah muslim. 

Platform yang didesain dengan pendekatan interaktif ini akan memberikan akses kepada pengunjung untuk dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan seperti webminar, quiz dan games.

Selain itu, untuk mempromosikan wisata ramah muslim, KTO Jakarta juga membuat seri animasi Travel Gear: The Adventure in Korea dengan maskot KTO Jakarta, Riko dan Sela, yang menjadi bintang utamanya. 

Riko dan Sela akan menyusuri destinasi dan atraksi wisata ramah muslim seperti area Itaewon dan berbagai fasilitas ramah muslim di Busan dan lainnya. Seri animasi ini akan tayang perdana pada tanggal 3 September 2021, di kanal YouTube resmi KTO Jakarta.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Layanan Kesehatan Jadi Prioritas C20 Indonesia untuk G20

BERIKUTNYA

Yuju eks GFRIEND Gabung dengan Agensi KONNECT Entertainment

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: