Pembukaan Jakreatifest Senin (30/8/2021) (dok: Tangkapan Layar YouTube Jakreatifest)

Gubernur DKI Anies Baswedan Apresiasi Bank Indonesia Jakarta Prakarsai Jakreatifest

30 August 2021   |   13:38 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Agenda Jakreatifest resmi dibuka pada Senin (30/8/2021). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun memberikan apresiasinya atas agenda yang diprakarsai oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta (BI Jakarta).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap seluruh kegiatan yang berlangsung selama Jakreatifest mampu mendorong upaya pemulihan ekonomi Ibu Kota yang sempat terkontraksi akibat pandemi Covid-19.

Anies menyebut perekonomian Ibu Kota saat ini perlahan pulih dengan pertumbuhan mencapai 10,9 persen (year on year).
 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan Jakreatifest. (Foto: tangkapan layar acara Jakreatifest)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan Jakreatifest. (Foto: tangkapan layar acara Jakreatifest)



"Jakreatifest merupakan salah satu ikhtiar untuk pemulihan ekonomi nasional melalui UMKM, khususnya digitalisasi UMKM, sektor kreatif dan pariwisata. Sinergi yang kuat perlu dioptimalkan dalam hal ini. Karena keberhasilan upaya penanganan Covid-19 saat ini juga merupakan buah ikhtiar dan sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan semua stakeholder," katanya.

Adapun rangkaian acara Jakreatifest terdiri dari webinar, bincang-bincang, lokakarya (workshop), pertunjukan musik, peragaan busana, siniar (podcast), hingga kompetisi foto dan vlog yang bisa kalian ikuti secara daring atau virtual.

Rangkaian acara yang mengusung tema KINI (Kreatif, Inovatif, Inspiratif) itu bisa kalian ikuti melalui kanal YouTube BI Jakarta, laman www.jakreatifest.com atau platfrom konferensi video Zoom. Untuk tautan Zoom dari masing-masing acara bisa dilihat di akun Instagram @bank_indonesia_jakarta atau laman www.jakreatifest.com.

Sebagai catatan, Jakreatifest mensinergikan beberapa kegiatan terkait ekonomi kreatif dari Bank Indonesia Jakarta seperti Festival Kopi Nusantara, Festival Kreatif dan Seni Jakarta, Festival Ekonomi dan Keuangan Digital, serta Festival Ekonomi Syariah.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Onny Widjanarko berharap Jakreatifest dapat menjadi wadah bagi para pelaku industri kreatif, khususnya pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk saling berinteraksi, bertukar pikiran serta mengasah kreativitasnya.

Rangkaian acara tersebut juga diharapkan mampu mendorong percepatan implementasi transaksi pembayaran nontunai dan digitalisasi UMKM, khususnya penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Dengan demikian, rangkaian acara tersebut diharapkan dapat menjadi menjadi upaya kolaboratif untuk mengembangkan ekonomi kreatif dan mendorong sektor riil untuk percepatan pemulihan ekonomi yang sempat terkontraksi akibat pandemi Covid-19.

“Kami melihat perkembangan yang membaik, kita lihat akses vaksinasi yang meluas, penyebaran Covid-19 yang menurun, PPKM [Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat] yang melonggar, pertumbuhan yang membawa harapan baru, inflasi yang rendah, digitalisasi yang kuat merchant QRIS yang terus bertambah untuk Jakarta mencapai lebih dari 1,3 juta. Menurut hemat kami itu, semua menjadi modal yang sangat penting untuk melanjutkan tren pemulihan yang lebih cerah,” katanya dalam acara pembukaan Jakreatifest.

Selain acara pembukaan, pada hari pertama penyelenggaraan Jakreatifest berlangsung juga webinar dan bincang-bincang yang bisa kalian ikuti. Berikut ini adalah webinar dan bincang-bincang di Jakreatifest yang bisa kalian ikuti pada hari pertama ini:

Webinar Temu Responden: Meneropong Ekonomi Kreatif Sebagai Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru yang Berkelanjutan di Masa KINI (10:35-12:00 WIB)
Pembicara:
1) Angela H. Tanoesoedibjo (Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Menparekraf)
2) Rhenald Kasali (Guru Besar Ilmu Manajemen FEB UI / Founder @rumah_perubahan)
3) Tri Agung Kristianto (Wakil Pemimpin Redaksi Kompas)

Bincang-Bincang (Talkshow): Perkembangan Industri Film ke Depan di Era Digital (13:00-14:30 WIB)
Pembicara:
1) Lukman Sardi (Produser/Aktor)
2) Wahyu A.P. (Sutradara)
3) Lesley Simpson (Platform Digital: Iflix)

Webinar (Merchant Gathering): Perluasan Implementasi QRIS di DKI Jakarta (15:00-16:30 WIB)
Narasumber:
1) Onny Widjanarko (Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta)
2) Karaniya Dharmasaputra (President OVO)
3) Ncess Nabati (Owner Bakso Ncess)
4) Suradi (Dunia Kopi)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Deretan Film Indonesia Menembus 3 Festival Film Bergengsi Dunia

BERIKUTNYA

Ini Platform Online yang Keamanannya Paling Dikhawatirkan Pengguna

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: