Ilustrasi penggunaan istilah populer. (Dok. Glen Carrie dari Unsplash)

Selain Nah He Tweakin, Ini 5 Istilah yang Populer di Media Sosial

28 August 2021   |   13:38 WIB

Media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat saat ini. Perkembangannya tidak hanya memberikan dampak pada bagaimana masyarakat saat ini berinteraksi, tetapi juga bagaimana sebagian masyarakat menggunakan istilah tertentu ketika interaksi tersebut terjadi.

Salah satu istilah Gen Z yang ikonik beberapa hari terakhir adalah 'nah he tweakin' yang dipopulerkan oleh rapper Lil Nas X melalui kolom komentar di sebuah unggahan pengguna Instagram RAPTV tentang perilisan papan skateboard yang diberikan darah oleh pemain skateboard Tony Hawk.

Istilah 'nah he tweakin' digunakan untuk menyebut seseorang yang sedang menggunakan narkoba atau stimulan tertentu, tapi Lifestyle Asia melaporkan bahwa istilah ini juga berlaku bagi orang-orang yang bertindak irasional atau mengatakan sesuatu yang bodoh.

Selain itu, berikut lima istilah populer atau bahasa gaul di media sosial saat ini dikutip dari In The Know.


1. Bestie

Familiar dengan istilah 'bestie'? Istilah ini umum digunakan untuk menyebut seseorang di media sosial yang sudah dianggap sebagai teman.

Istilah ini awalnya dipopulerkan oleh pengguna TikTok @tiktoshh dengan sebutan "bestie vibes only" dalam sebuah unggahan yang dibagikan pada Januari 2021. Namun, penggunaan awalnya dilihat kembali dari munculnya meme influencer TikTok Dixie D'Amelio tentang Noah Beck. 


2. Moots

Umum digunakan oleh Gen Z, istilah ini juga awalnya populer di sejumlah media sosial seperti Twitter dan TikTok. Penggunaannya sendiri banyak bertebaran di berbagai kalangan, terutama untuk akun fan account di Twitter dan digunakan untuk menyebut pengikut atau mutuals.

Meski definisi resminya belum ada, Urban Dictionary menyebutnya sebagai persona internet atau orang-orang di internet yang mengikuti sebuah pengguna dan pengguna yang bersangkutan mengikutinya kembali. Mereka kemudian menjaga komunikasi dan memiliki ketertarikan yang sama dalam berbagai hal.


3. Stans

Kata 'stans' sebenarnya sudah ada sejak 20 tahun yang lalu melalui salah satu dari rapper Eminem yang berjudul Stan. Akan tetapi, istilah ini mulai naik ketika muncul pada 2008 dengan kepopuleran komunitas penggemar artis Barat seperti Justin Bieber. 

Puncaknya, Oxford resmi memasukkan 'stan' sebagai kata benda dan kata kerja hingga akhirnya istilah ini populer di kalangan penggemar musik K-pop dari luar Korea Selatan. Istilah ini sebenarnya hanya digunakan untuk menyebut seseorang yang sangat terobsesi dengan sesuatu atau seseorang.


4. Simp

Istilah yang juga populer bersamaan dengan meroketnya penggunaan TikTok ini merupakan salah satu slang internet yang kini banyak digunakan pengguna media sosial. Urban Dictionary mendefinisikan 'simp' sebagai orang yang melakukan sesuatu terlalu banyak untuk seseorang yang disukainya.

Penggunaan kata 'simp' umumnya berlaku bagi hubungan secara umum, misalnya antara seseorang dengan gebetannya atau bahkan antara penggemar dengan idola dengan konteks tertentu. Sebelum itu, 'simp' juga pernah digunakan dalam komunitas hip hop untuk menyindir seseorang yang terlalu tertarik dengan gebetannya.


5. IYKYK

Pertama kali digunakan pada 2016 dan populer mulai tahun 2020, IYKYK merupakan singkatan dari 'if you know, you know' yang biasa digunakan untuk menyebut sebuah pengalaman yang juga diketahui atau dirasakan orang lain.

Akan tetapi, definisi ini sedikit berbeda dengan ungkapan Urban Dictionary yang menyebut IYKYK sebagai 'If you were there, you’d know, but if you weren’t, you wouldn’t. Simple teenage stuff.'


Editor: Avicenna
SEBELUMNYA

5 Tips Menyimpan Kentang agar Tahan Lama

BERIKUTNYA

Hari Tanpa Bayangan di Indonesia, Bagaimana Cara Mengamatinya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: