sumber gambar: Tumurun Private Museum

Pameran Mukti Negeriku Ajak Anak Muda Memahami Sejarah lewat Lukisan

27 August 2021   |   21:26 WIB

Tumurun Private Museum dan S. Sudjojono Center mengadakan pameran Mukti Negeriku! Perjuangan Sultan Agung Melalui Goresan S.Sudjojono. Pameran ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat mengenai eksistensi lukisan sang seniman. 

Pemilik Tumurun Private Museum Iwan K. Lukminto menuturkan saat ini generasi muda mulai lupa mengenai sejarah Indonesia dan eksistensi lukisan berjudul Pertempuran Antara Sultan Agung dan JP Coen (1973) ini pun di pikiran masyarakat sudah mulai pudar. 

"Jadi, kita ingin mengingatkan kembali bahwa di Indonesia memiliki satu masterpiece yang menceritakan mengenai sejarah Indonesia. Melukiskan sosok yang luar biasa, Sultan Agung," katanya. 

Selain itu, pihaknya juga menargetkan karya luksan sang maestro ini dapat menyandang predikat cagar budaya nasional. Iwan berujar pameran ini juga sebagai bentuk upaya untuk bisa mennyosialisasikan lukisan Pertempuran Antara Sultan Agung dan JP Coen. 

Semoga, lanjutnya, dengan keberadaan pameran ini masyarakat bisa lebih memperhatikan dan pada akhirnya pemerintah bisa memberikan perhatian khusus untuk bisa mengonservasi - tidak hanya untuk kita yang menikmati, tapi generasi selanjutnya untuk bisa terus mengenang sosok Sultan Agung, dan siapa sosok Sudjojono. 
SEBELUMNYA

Lukisan Perjuangan Sultan Agung Mahakarya S. Sudjojono Dihadirkan Lengkap dalam Pameran Mukti Negeriku!

BERIKUTNYA

Netflix Mulai Uji Coba Konten Game Seluler, Seperti Apa Ya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: