sumber gambar : Jakarta Film Week

Ini Agenda Lengkap Jakarta Film Week

25 August 2021   |   21:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Jakarta Film Week resmi diluncurkan. Rencananya festival film bertaraf internasional ini diselenggarakan pada 18-21 November 2021. Festival ini memiliki dua program utama yang dapat Genhype nikmati, yakni program pemutaran film dan program nonpemutaran film.

Dalam siaran pers yang diterima hypeabis.id, program pemutaran film di Jakarta Film Week akan memutarkan film panjang dan film pendek dari Indonesia dan Internasional, yang terbagi ke dalam 2 kategori: kompetisi dan non kompetisi.

Untuk kategori kompetisi, Jakarta Film Week memiliki tiga penghargaan yaitu; Global Feature Award (penghargaan film panjang internasional terbaik), Direction Award atau (penghargaan film panjang Indonesia terbaik), dan Global Short Award (penghargaan film pendek internasional terbaik). 

Pembuat film dapat mendaftarkan karya filmnya paling lambat hingga 30 September 2021. Film-film yang terpilih akan dibagi ke dalam dua kategori: kompetisi atau nonkompetisi, yang akan ditayangkan secara daring dan diputar langsung di bioskop.

Sementara program non pemutaran dari Jakarta Film Week akan berisi Jakarta Film Fund, Masterclass, Talks, Community serta Exhibition dan Showcase. 

Jakarta Film Fund adalah kompetisi ide cerita yang bisa diikuti oleh khusus warga DKI Jakarta. Pendaftaran ide cerita telah dibuka dan akan ditutup pada 12 September 2021 mendatang. 

Para dewan juri akan memilih 5 cerita terbaik, yang akan mendapatkan dukungan dana produksi sebesar Rp30 juta. Pemenang juga akan mendapat mentoring dari pembuat film professional, movielab penyutradaraan, penulisan naskah, dan penyuntingan gambar.

Semua film yang telah selesai diproduksi akan ditayangkan pada saat festival berlangsung di November mendatang.

Selain memberikan pelatihan untuk para profesional, dalam program Masterclass juga akan menghadirkan para profesional di bidang industri film dan narasumber yang berpengalaman di industri film internasional. 

Jadi, program non pemutaran film lainnya diharap dapat menjadi ruang bagi komunitas film untuk memperluas jaringan dan bertukar pengetahuan dengan para ahli untuk mengembangkan proyek film dan organisasinya masing-masing.

Jakarta Film Week ini juga diharapkan menjadi wadah bagi para pelaku industri film Indonesia, terutama di Jakarta agar semakin berkembang baik secara wacana, keterampilan juga pengembangan jaringan.

Selain itu festival ini juga diharapkan dapat menjadi pemicu bagi industri film di daerah lain untuk semakin berkembang sehingga bisa meningkatkan kualitas industri film di Indonesia secara keseluruhan. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Jakarta Film Week Diluncurkan, Catat Tanggalnya!

BERIKUTNYA

Kolaborasi Jadi Kunci Ketahanan Pelaksanaan Festival

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: