sumber gambar : Amar Preciado dari Pexels

Lukisan dengan Media Kopi Kian Diminati & Unik

25 August 2021   |   15:58 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Biasanya banyak orang melukis dengan menggunakan cat air, cat minyak, atau pastel di atas kanvas. Namun, tidak bagi seninan Arya Setra. Pelukis yang satu ini menggunakan kopi untuk melukis di atas kanvas sehingga menghasilkan karya yang berbeda dan unik. 

Pria yang kerap disapa Arya ini mengungkapkan minat orang terhadap lukisan dengan menggunakan kopi di atas kanvas lumayan banyak. Mereka yang berminat lantaran lukisan dengan menggunakan media kopi sebagai sesuatu yang baru dan unik. 

Kepada Hypeabis.id, Arya menjelaskan bahwa kopi yang digunakan adalah kopi asli Indonesia yang diolah menjadi espresso. Kopi yang diolah menjadi espresso ini kemudian diendapkan. 

"Nah, endapan espresso inilah yang saya gunakan buat melukis," katanya. 

Berbeda dengan menggunakan cat air, cat minyak, atau pastel, warna yang didapat dengan menggunakan kopi espresso yang diendapkan adalah hanya monokrom. 

Jadi, dia memainkan teknik gelap dan terang saja untuk mengatasi warna tersebut. 

Saat melukis dengan menggunakan kopi, dirinya harus lebih sabar dalam proses pembuatannya. "Karena kalau tidak hati-hati dalam melukisnya, kopi yang kita gores di awal bisa hilang," katanya. 

Setelah lukisan selesai dibuat dan kering, dia biasanya meng-coating (lapisan) lukisan dengan vernis yang aerosol. Tujuannya agar lukisan tidak buyar kalau kena air. Jadi, coating tersebut untuk melindungi hasil lukisannya. 

Tema-tema lukisan dengan menggunakan kopi yang dia buat, biasanya bertema bebas. Namun, dia lebih banyak mengerjakan pesanan potret. Adapun teknik pengerjaan lukisan sama dengan menggunakan cat air. Jadi, melukisnya layer by layer alias selapis-selapis 

Harga lukisan termahal yang pernah Arya jual mencapai Rp15 juta loh Genhype. Pembelinya seseorang di Tangerang, Banten. Saat ini, dirinya memiliki lukisan dengan media kopi seharga Rp25 juta. Namun, belum terjual. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ibu Terpapar Covid-19 Masih Bisa Menyusui Bayi

BERIKUTNYA

Mobil Bekas Laris Manis Selama Pandemi Covid-19

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: