Riset SiteMinder: Jepang Jadi Tujuan Liburan Luar Negeri Wisatawan Indonesia Pada 2025
14 November 2024 |
06:00 WIB
Perjalanan wisatawan makin bertumbuh seiring dengan minat bepergian. Tidak hanya wisata di dalam negeri, pertimbangan untuk liburan ke luar negeri juga mengalami peningkatan. Pernyataan ini dibawa situs travel SiteMinder melalui laporan terbarunya bertajuk SiteMinder’s Changing Traveler Report 2025.
Dalam riset terbaru tersebut, Country Manager untuk Indonesia di SiteMinder Rio Ricaro menjelaskan bahwa sekitar 79% wisatawan Indonesia berencana untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Angka ini mengalami lonjakan yang signifikan mencapai 88% di kalangan generasi Milenial.
Hal itu juga menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan tingkat minat perjalanan internasional tertinggi di Asia. "Wisatawan cenderung akan melancong keluar negeri pada 2025, termasuk 79% wisatawan Indonesia atau 7% lebih tinggi dari rata-rata global," kata Rio.
Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Malam di Dubai, Ada Safari Alam Liar
SiteMinder juga mencatat Jepang sebagai tujuan luar negeri paling utama yang diminati oleh wisatawan Indonesia. Tercatat sebanyak 33% responden memilih negara ini sebagai destinasi utama mereka.
Jepang makin populer sebagai tujuan wisata karena menawarkan berbagai pengalaman yang sulit ditemukan di negara lain. Salah satu daya tarik utama Jepang adalah keberagaman budaya yang dimilikinya. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan ketenangan desa-desa tradisional di pedalaman.
Di sisi lain, Jepang juga menawarkan atmosfer dinamika kehidupan kota besar yang tetap sarat kelokalan, misalnya Tokyo dan Osaka. Atmosfer yang dihadirkan oleh kedua sisi Jepang ini sangat kontras, di mana kehidupan kota yang sibuk dan modern bertemu dengan desa-desa yang tenang dan kaya akan tradisi. Justu, keunikan ini memberikan pengalaman yang berbeda dari destinasi lain dan menjadikannya pilihan ideal bagi wisatawan Indonesia yang mencari pengalaman yang lebih autentik.
Selain itu, Jepang dikenal dengan kualitas pelayanan yang sangat tinggi, kebersihan, dan keselamatan yang membuat banyak wisatawan merasa nyaman. Tak heran jika Jepang menjadi favorit utama, terutama bagi keluarga yang ingin menikmati liburan dengan berbagai pilihan aktivitas yang bisa disesuaikan dengan usia dan minat.
SiteMinder juga menemukan bahwa 59% wisatawan Indonesia berniat untuk melakukan perjalanan ini bersama keluarga dekat atau keluarga besar pada tahun 2025. Angka ini meningkat menjadi 64% di kalangan generasi Baby Boomers yang menjadikan wisatawan Indonesia sebagai kelompok yang paling fokus pada perjalanan keluarga dibandingkan negara-negara lain.
Ini juga menunjukkan bahwa keluarga adalah elemen penting dalam keputusan perjalanan wisatawan Indonesia yang cenderung mencari destinasi yang dapat memberikan pengalaman menyeluruh bagi semua anggota keluarga.
“Wisatawan Indonesia menunjukkan minat yang tinggi untuk berlibur ke luar negeri, terutama bersama keluarga mereka. Sementara Jepang juga dikenal dengan berbagai pilihan destinasi yang cocok untuk keluarga sekaligus menawarkan pengalaman yang beragam dan aman bagi mereka,” ujar Rio.
Selain Jepang, wisatawan Indonesia juga menunjukkan ketertarikan ke negara-negara lainnya untuk tujuan liburan. Untuk perjalanan internasional selain Jepang, SiteMinder mencatat responden juga memiliki kecenderungan untuk berlibur ke negara-negara seperti Singapura (20%), Korea Selatan (19%), Australia (16%), dan Malaysia (15%). Semakin tingginya minat perjalanan internasional ini juga menarget Indonesia yang diperkirakan akan menjadi pasar wisata penting di Asia.
Baca Juga: Cek Daftar Tarif Masuk & Kegiatan Terbaru Wisata Alam di Indonesia
Editor: M. Taufikul Basari
Dalam riset terbaru tersebut, Country Manager untuk Indonesia di SiteMinder Rio Ricaro menjelaskan bahwa sekitar 79% wisatawan Indonesia berencana untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Angka ini mengalami lonjakan yang signifikan mencapai 88% di kalangan generasi Milenial.
Hal itu juga menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan tingkat minat perjalanan internasional tertinggi di Asia. "Wisatawan cenderung akan melancong keluar negeri pada 2025, termasuk 79% wisatawan Indonesia atau 7% lebih tinggi dari rata-rata global," kata Rio.
Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Malam di Dubai, Ada Safari Alam Liar
SiteMinder juga mencatat Jepang sebagai tujuan luar negeri paling utama yang diminati oleh wisatawan Indonesia. Tercatat sebanyak 33% responden memilih negara ini sebagai destinasi utama mereka.
Jepang makin populer sebagai tujuan wisata karena menawarkan berbagai pengalaman yang sulit ditemukan di negara lain. Salah satu daya tarik utama Jepang adalah keberagaman budaya yang dimilikinya. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan ketenangan desa-desa tradisional di pedalaman.
Di sisi lain, Jepang juga menawarkan atmosfer dinamika kehidupan kota besar yang tetap sarat kelokalan, misalnya Tokyo dan Osaka. Atmosfer yang dihadirkan oleh kedua sisi Jepang ini sangat kontras, di mana kehidupan kota yang sibuk dan modern bertemu dengan desa-desa yang tenang dan kaya akan tradisi. Justu, keunikan ini memberikan pengalaman yang berbeda dari destinasi lain dan menjadikannya pilihan ideal bagi wisatawan Indonesia yang mencari pengalaman yang lebih autentik.
Selain itu, Jepang dikenal dengan kualitas pelayanan yang sangat tinggi, kebersihan, dan keselamatan yang membuat banyak wisatawan merasa nyaman. Tak heran jika Jepang menjadi favorit utama, terutama bagi keluarga yang ingin menikmati liburan dengan berbagai pilihan aktivitas yang bisa disesuaikan dengan usia dan minat.
SiteMinder juga menemukan bahwa 59% wisatawan Indonesia berniat untuk melakukan perjalanan ini bersama keluarga dekat atau keluarga besar pada tahun 2025. Angka ini meningkat menjadi 64% di kalangan generasi Baby Boomers yang menjadikan wisatawan Indonesia sebagai kelompok yang paling fokus pada perjalanan keluarga dibandingkan negara-negara lain.
Ini juga menunjukkan bahwa keluarga adalah elemen penting dalam keputusan perjalanan wisatawan Indonesia yang cenderung mencari destinasi yang dapat memberikan pengalaman menyeluruh bagi semua anggota keluarga.
“Wisatawan Indonesia menunjukkan minat yang tinggi untuk berlibur ke luar negeri, terutama bersama keluarga mereka. Sementara Jepang juga dikenal dengan berbagai pilihan destinasi yang cocok untuk keluarga sekaligus menawarkan pengalaman yang beragam dan aman bagi mereka,” ujar Rio.
Selain Jepang, wisatawan Indonesia juga menunjukkan ketertarikan ke negara-negara lainnya untuk tujuan liburan. Untuk perjalanan internasional selain Jepang, SiteMinder mencatat responden juga memiliki kecenderungan untuk berlibur ke negara-negara seperti Singapura (20%), Korea Selatan (19%), Australia (16%), dan Malaysia (15%). Semakin tingginya minat perjalanan internasional ini juga menarget Indonesia yang diperkirakan akan menjadi pasar wisata penting di Asia.
Baca Juga: Cek Daftar Tarif Masuk & Kegiatan Terbaru Wisata Alam di Indonesia
Editor: M. Taufikul Basari
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.