Menonton film di bioskop (Sumber gambar: Unsplash/ Kilyan Sockalingum)

Balinale Dapat Pengakuan Sebagai Festival Film Berkualifikasi Oscar

25 October 2024   |   18:19 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Bali International Film Festival atau Balinale mendapat pengakuan secara global sebagai festival film berkualifikasi Oscar. Balinale menjadi festival film pertama di Indonesia yang mendapat pengakuan dari penghargaan film paling bergengsi di Amerika Serikat tersebut. 

Status bergengsi yang diberikan Academy of Motion Picture Arts and Sciences tersebut tentu saja punya arti penting bagi festival penerima. Dengan pengakuan tersebut, nama sekaligus reputasi dari Balinale makin baik di mata publik, khususnya keberadaannya di tengah ekosistem perfilman global.

“Kami sangat gembira menerima penghargaan ini dari Academy. Penghargaan ini merupakan perayaan atas pencapaian di masa lalu dan komitmen untuk masa depan kami,” ucap Direktur Festival Balinae Deborah Gabinetti dalam keterangan resminya, dikutip Hypeabis.id Jumat (25/10/2024). 

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Korea Indonesia Film Festival 2024

Deborah mengatakan pengakuan internasional ini secara signifikan akan berdampak besar bagi festival, terutama untuk memperluas jejaring dan menjadi wadah para sineas dunia untuk menampilkan karyanya.

Menurutnya, Balinale selalu konsisten menampilkan beragam film yang merayakan kisah-kisah dari Indonesia dan seluruh dunia yang sangat majemuk. Warna-warna tersebut akan terus dipertahankan ke depan.

Pihaknya akan terus menjaga mutu film Balinale, dari keberagaman program, tim yang dikelola efektif, hingga profesionalisme dalam penyajian film. Tak terkecuali, menjaga mutu tempat pemutaran juga.

“Penghargaan ini juga akan menyediakan platform bagi para pembuat film untuk mendapatkan pengakuan internasional, menemukan peluang baru untuk memajukan karier mereka, dan memperoleh audiens yang lebih luas,” imbuhnya.
 
 

Pemenang Film Balinale Bakal Jadi Sorotan Oscar 

Dengan pengakuan kualifikasi dari Oscar, Balinale memang akan mendapat sorotan spesial dari penghargaan bernama Academy Awards tersebut. Film-film pemenang dari kompetisi film pendek Balinale kini dapat dipertimbangkan untuk mengikuti kompetisi Oscar.

Balinale memang memiliki sejarah panjang dalam menyajikan beragam film, seperti dokumenter, narasi, film pendek, hingga karya eksperimental sekali pun. Setiap tahunnya, festival ini menerima kiriman dari ratuan pembuat film dunia dan menayangkan 60-80 film yang telah dikurasi dengan ketat.

Selama bertahun-tahun, festival juga rutin berkolaborasi dengan berbagai rekanan, seperti  Asian Film Awards Academy, Motion Picture Association, American Film Showcase, Film Forward dari Sundance Institute, Hong Kong International Film Festival, Berlinale Spotlight Generation, Asia Pacific Screen Awards, Asian Film Commissions Network, dan The Juilliard School.

Sejak pertama kali didirikan pada 2007, festival ini telah lama dikenal secara internasional karena programnya yang beragam tentang sinema independen. Festival ini juga terkenal karena forum industri profesional yang mempertemukan para pembuat film untuk berkolaborasi dan berbagi, serta untuk membangun afiliasi pertukaran budaya yang penting. 

Baca juga: 15 Sinema Internasional yang Tayang di Science Film Festival 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek Jadwal MotoGP Thailand 2024, Balapan di Chang International Circuit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: