Suasana jelang pelantikan anggota DPR/DPD di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (1/10/2024). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Arief Hermawan P)

Ahmad Dhani dan Once Mekel Satu Komisi di DPR RI, Urusi Bidang Pendidikan-Kebudayaan

23 October 2024   |   09:26 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Dua musisi yang pernah berada dalam satu band yang sama, yakni Ahmad Dhani dan Once Mekel, dipastikan bakal reuni setelah keduanya sama-sama terpilih sebagai anggota DPR. Pentolan grup musik Dewa19 tersebut sama-sama berada di Komisi X DPR RI. 

Ahmad Dhani terpilih sebagai anggota DPR setelah menang di daerah pemilihan (dapil) Surabaya dan sekitarnya, sedangkan Once juga terpilih setelah menang di dapil Jakarta Selatan dan Luar Negeri. Keduanya kini akan bekerja sama dalam Komisi X.

Penetapan Dhani dan Once ke Komisi X terjadi seusai DPR menggelar penetapan struktur alat kelengkapan dewan (AKD) periode 2024-2029 dalam Rapat Paripurna ke-V masa persidangan I tahun 2024-2025, Selasa (22/10/2024). 

Baca juga: Peran Raffi Ahmad hingga Yovie Widianto Setelah Jadi Utusan & Staf Khusus Presiden
 

Sebagai anggota Komisi X, dua musisi ini akan memiliki tugas utama dalam pembuatan, pembahasan, dan pengesahan undang-undang untuk bidang pendidikan, olahraga, sains, kebudayaan, hingga teknologi. Komisi ini juga dapat mengajukan usulan undang-undang baru atau mempelajari serta merevisi usulan undang-undang yang diajukan oleh pemerintah.

Kerja-kerja mereka bakal kerap bersinggungan dengan beberapa kementerian, dimulai dari Kementerian Kebudayaan, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian pendidikan Tinggi, Sains, dan teknologi, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Perpustakaan Nasional, Badan Riset dan Inovasi Nasional, dan Badan Pusat Statistik.

Dhani dan Once adalah dua musisi yang pernah berada dalam satu band yang sama, Dewa19. Once bergabung ke grup musik sekitar medio 1999 sebagai vokalis pengganti Ari Lasso. Debut kariernya kemudian ditandai dengan album Bintang Lima yang rilis pada 2000.

Once yang memiliki kepiawaian dalam hal not tinggi pun langsung mencuri perhatian. Dia menjalani karier sebagai vokalis baru Dewa19 sekitar 10 tahun. Penyanyi bernama lengkap Elfonda Mekel ini kemudian memutuskan berhenti dari Dewa19 pada medio 2010-an. Dia kemudian banyak melanjutkan karier sebagai penyanyi solo.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Bowie (@bowiechampa)


Meski sempat satu panggung yang sama, dalam beberapa tahun terakhir Once dan Dhani kerap berselirih. Musabab utamanya adalah soal royalti, karena Once masih kerap menyanyikan lagu-lagu Dewa19.

Dhani bersikeras menganggap penyanyi besar seperti Once mesti minta izin sebelum membawakan lagu band-nya. Namun, Once menganggap persoalan royalti itu menjadi urusan penyelenggara acara seusai dengan mekanisme extended collective licensing melalui Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) sudah tepat sebagaimana diatur Pasal 23 dan 87 UU Hak Cipta.

Tentu saja, keberadaan keduanya di Komisi X DPR RI yang mengurus kebudayaan, termasuk di dalamnya adalah musik, menjadi hal yang menarik. Selain itu, komisi ini juga akan diisi oleh nama-nama populer lain dari kalangan artis, seperti Denny Cagur hingga Melly Goeslaw. 

Baca juga: Daftar Menteri Kabinet Merah Putih Prabowo, Ada Bidang Kebudayaan & Ekonomi Kreatif

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hal-hal yang Harus Disiapkan untuk Mengunjungi GIIAS Semarang 2024

BERIKUTNYA

G-Dragon Bakal Tampil di MAMA Awards 2024, Comeback Setelah 9 Tahun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: