Mobil Alphard Putih Prabowo (Sumber gambar: YouTube Sekretariat Presiden)

Cek Mobil yang Dipakai Prabowo Subianto saat Berangkat dari Kertanegara ke Gedung DPR/MPR

20 October 2024   |   09:55 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Mobil yang dipakai presiden terpilih Prabowo Subianto saat berangkat dari kediamannya di Kertanegara ke gedung DPR/MPR Senayan, Minggu (20/10/2024) tampak jadi sorotan. Mobil yang dikendarainya sebelum pengambilan sumpah jabatan tersebut berwarna putih. 

Presiden terpilih Indonesia periode 2024-2029 itu tampak menggunakan mobil Toyota Alphard HEV. Kendaraan tersebut telah dilengkapi pelat nomor polisi 1-00 berwarna merah. Ini adalah pelat nomor polisi khusus untuk Kemenhan. 

Berdasarkan pantauan dari siaran langsung YouTube Sekretariat Presiden, mobil Toyota Alphard HEV warna putih tersebut telah terparkir di depan rumah Prabowo sejak pagi. Sekitar pukul 09.00 WIB, Prabowo baru masuk ke dalam mobil dan berangkat ke gedung DPR/MPR. 

Baca juga: 4 Ruas Jalan Jakarta yang Tutup saat Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 20 Oktober 2024
 

Alphard HEV (Sumber gambar: Toyota)

Alphard HEV (Sumber gambar: Toyota)

Saat mobil mulai berjalan, Prabowo menurunkan kaca jendelanya. Terlihat, presiden terpilih itu memakai baju adat Betawi berwarna biru dongker. Dia pun sesekali melambaikan tangan ke arah masyarakat yang telah berjejer di sejumlah ruas jalan yang dilaluinya sebelum sampai ke Senayan.

Toyota Alphard HEV adalah jenis mobil MPV yang telah dibekali dengan fitur-fitur mumpuni, baik untuk menunjang kenyamanan maupun keamanan. Melansir dari laman Toyota, desain eksterior mobil jenis ini menawarkan sisi kemewahan dan elegan.

Mobil ini juga termasuk tipe yang memiliki dimensi besar, yakni 5.010 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.945 mm, dengan jarak poros roda 3.000 mm. Ukuran bannya berada di angka 225/55 R19.

Kemudian, desain bodi Toyota Alphard HEV secara keseluruhan tidak terlalu memiliki banyak lekukan. Hal ini membuatnya terlihat sederhana, tetapi juga eksklusif. Bagian depannya, memiliki desain next level luxury dengan Modelista. Hal itu tercermin dari permainan Sharp LED Headlamp dengan DRL dan Rear Combination Lamp.

All New Alphard HEV juga dibekali mesin A25A-FXS , in-line 4 dengan kapasitas 2.500 cc dan dilengkapi dengan Battery dan Electric Motor sebagai bagian dari teknologi HEV. Mobil tipe ini pun sudah didukung transmisi otomatis CVT yang menghasilkan penggerakan yang halus. 

Tenaga yang dihasilkan oleh All New Alphard HEV adalah 190 PS dengan torsi sebesar 24,4 kgm berkat mesin bensin dan motor listriknya.

Mobil ini telah dibekali berbagai fitur keamanan, dari 7 Airbags yang mampu meminimalisir cedera parah saat terjadi kecelakaan, Panoramic View Monitor untuk visibilitas di sekitar mobil dalam mencegah benturan, hingga Pre-Collision System (PCS) yang memberikan peringatan awal ketika ada posibilitas terjadi benturan. 
 

Alphard HEV (Sumber gambar: Toyota)

Alphard HEV (Sumber gambar: Toyota)

Toyota Alphard HEV memang kerap menjadi kendaraan favorit Prabowo dalam berbagai kegiatan maupun kunjungan kenegaraan. Sebelumnya, saat menghadiri pembekalan terkait pemerintahan kepada calon menterinya di Hambalang, Prabowo juga memakai mobil yang sama. 

Beberapa waktu lalu, saat dirinya mengunjungi rumah Presiden Jokowi di Solo, Prabowo juga kembali memakai Toyota Alphard HEV putih andalannya ini. Kini, mobil bersejarah itu pulalah yang mengantarkan Prabowo dari kediamannya menuju ke gedung DPR/MPR di Senayan.

Penggunaan mobil berwarna putih oleh presiden maupun pejabat sebenarnya menjadi hal yang baru. Sebab, kebanyakan mobil dinas dari kepala negara Indonesia kerap menggunakan warna hitam. Namun, Prabowo justru memilih warna putih. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Daftar 26 Lokasi Parkir dekat Jalan Sudirman untuk Menonton Panggung Pesta Rakyat 2024

BERIKUTNYA

Prabowo-Gibran Kenakan Baju Adat Betawi saat Pelantikan Presiden & Wakil Presiden

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: