Presiden Prabowo Subianto (Sumber Foto: YouTube/Sekretariat Presiden)

Prabowo-Gibran Kenakan Baju Adat Betawi saat Pelantikan Presiden & Wakil Presiden

20 October 2024   |   10:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029. Acara pelantikan dijadwalkan berlangsung pada Minggu (20/10/2024) di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta.

Pelantikan menandai dimulainya masa jabatan pemerintahan baru di Indonesia, setelah proses pemilu yang berlangsung pada 2024. Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilu 2024, pelantikan presiden dan wakil presiden telah dijadwalkan untuk dilaksanakan hari ini.

Prosesi pelantikan dimulai pukul 10.00 WIB dan dipimpin oleh Ketua MPR RI Ahmad Muzani. Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka tiba di Gedung MPR/DPR RI sekitar pukul 08.37 WIB. 

Baca juga: Cek Mobil yang Dipakai Prabowo Subianto saat Berangkat dari Kertanegara ke Gedung DPR/MPR

Gibran mengenakan pakaian adat Betawi yang disebut Bangsawan Ujung Serong, bagian pinggul hingga pahanya dililit kain batik berwarna jingga. Dia juga mengenakan peci hitam. 

Wakil Presiden terpilih itu didampingi oleh istrinya Selvi Ananda yang mengenakan kebaya merah dihiasi bros berwarna emas. Rambutnya disanggul ke belakang dan dililitkan mahkota kecil.

Setibanya di lokasi, putra sulung presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut langsung memasuki area Gedung Kura-Kura, tempatnya akan dilantik menjadi wakil presiden hari ini. Keduanya tidak datang berbarengan dengan Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Adapun, Prabowo Subianto tiba pada pukul 09.08 WIB, ke gedung MPR/DPR RI dengan mengenakan pakaian adat Betawi Bangsawan Ujung Serong dan peci hitam. Dia berangkat dengan keluarganya dari Kertanegara Jakarta Selatan.

Prabowo datang ditemani anak semata wayangnya Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo alias Didit Hediprasetyo, dengan menggunakan pakaian setelan jas berwarna hitam. 

Acara pelantikan presiden dan wakil presiden RI dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, serta Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Selain itu, hadir juga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Mantan Ketua MPR Amien Rais, calon presiden nomor urut 1 pada Pilpres 2024 Anies Baswedan, serta wakil presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla. Sejumlah pimpinan MPR dan DPR RI juga terlihat hadir dalam acara pelantikan ini. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek Mobil yang Dipakai Prabowo Subianto saat Berangkat dari Kertanegara ke Gedung DPR/MPR

BERIKUTNYA

Susunan Acara Pelantikan Presiden dan Wapres RI, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: