Ilustrasi pameran seni. (Sumber gambar: yeonhee/Unsplash)

10 Event Seru di Jakarta untuk Akhir Pekan 19-20 Oktober 2024

19 October 2024   |   09:59 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk melakukan berbagai aktivitas seru dan menyenangkan bersama keluarga atau teman. Di Jakarta, hampir setiap akhir pekan selalu ada sejumlah acara, baik itu pameran seni, konser musik, aneka festival dan bazar, serta acara menarik lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Bahkan, beberapa acara di antaranya bisa dinikmati secara gratis. Banyaknya acara yang digelar tentu bisa menjadi pilihan bagi kalian yang ingin bersantai dan menyegarkan pikiran dari rutinitas sehari-hari bersama orang-orang tersayang. Berikut adalah sejumlah event seru yang digelar pada akhir pekan ini, 19-20 Oktober di Jakarta.

Baca juga: Daftar Konser Musik Gratis di Jakarta 18-20 Oktober 2024, Ada JKT48 hingga Juicy Luicy


1. Flaneur: Kembara Lintas Dunia

Galeri Nasional Indonesia menggelar pameran kolektif bertajuk Flaneur: Kembara Lintas Dunia. Berlangsung pada 15 Oktober sampai 11 November 2024, pameran ini menghadirkan 50 lebih karya seni dari para perupa Indonesia lintas generasi, mulai dari maestro seperti Raden Saleh, Basoeki Abdullah, S. Sudjojono, Agus Djaja, Affandi, hingga seniman kontemporer seperti Heri Dono, Mella Jaarsma, dan Entang Wiharso. 

Karya-karya yang dipamerkan meliputi periode akhir abad ke-19 hingga akhir abad ke-20, memperlihatkan transformasi dan dinamika seni rupa Indonesia di kancah dunia. Adapun, pamerannya berlangsung di Gedung A Galeri Nasional, dibuka pukul 09.00 WIB hingga 19.00 WIB.
 
 

2. Menpora Fest 2024

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI akan menggelar Menpora Fest yang akan berlangsung selama dua hari, yakni 18 dan 19 Oktober 2024 di halaman kantor Kemenpora RI, Jakarta. Acara ini dibuat untuk merayakan pencapaian para atlet dan pemuda berbakat, sekaligus penyerahan hadiah.

Menpora Fest 2024 akan menghadirkan sejumlah penyanyi dan grup musik kenamaan Indonesia seperti Ada Band, RAN, Adera, Gildcoustic, dan Wika Salim. Acara ini bisa dinikmati oleh publik secara gratis.


3. Pameran Temporer & Repatriasi

Museum Nasional Indonesia (MNI) akhirnya kembali dibuka untuk publik dengan menggelar pameran temporer yang berlangsung hingga 31 Desember 2024 di Gedung B dan C. Rangkaian ekshibisinya termasuk pameran Perjalanan Pemulihan MNI Pasca Kebakaran bertajuk Menabuh Nekara, Menyiram Api, Pameran Repatriasi, serta Kembalinya Warisan Budaya dan Pengetahuan Nusantara. 

Jika ingin mempelajari sejarah dengan cara yang interaktif, Genhype juga bisa memasuki ImersifA, pameran yang mengadopsi inovasi teknologi untuk menghadirkan cara termutakhir dalam mengalami konteks sejarah dan budaya dari zaman prasejarah hingga hari ini.


4. ICAD 2024

Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) kembali digelar pada 10 Oktober hingga 10 November 2024 di hotel Grandkemang, Jakarta Selatan. Menjadi edisi yang ke-14, ICAD menyuguhkan deretan karya terbaik dari 75 seniman dan desainer lokal berbakat.

Mengusung tema Unexpected, deretan karya yang hadir di ICAD 2024 menyoroti realitas tak terduga yang terjadi dalam masyarakat Indonesia pada masa lalu, masa kini, dan masa depan. Menggunakan imajinasi para seniman, audiens diajak untuk menggali sudut pandang alternatif dan terlupakan yang tergilas narasi-narasi dominan di ruang sosial-politik, lingkungan, dan budaya.
 
 


5. Festival Literasi Jakarta 2024

Festival Literasi Jakarta kembali digelar pada 16-20 Oktober 2024 di Taman Ismail Marzuki (TIM) Cikini. Ada banyak agenda menarik yang bisa Genhype nikmati seperti bincang literasi, pameran, workshop literasi, perpustakaan keliling, hingga bazar buku murah. Agenda ini tentunya bisa menjadi pilihan kegiatan akhir pekan yang seru sekaligus edukatif.


6. Berkriyasi

Kementerian BUMN menggelar bazar kriya dan aksesoris inovatif dari para UMKM yang diberi tajuk Berkriyasi. Acaranya berlangsung pada 17-20 Oktober 2024 di Sarinah Jakarta. Selain bazar, ada juga acara seru lainnya seperti demo produk, talkshow, kelas kreatif, hingga konser musik yang akan menghadirkan Juicy Luicy pada 18 Oktober 2024.
 



7. 90's Food Fest & Pets How

Blok M Square menggelar acara 90's Food Fest & Pets How yang berlangsung pada 16-27 Oktober 2024 di Teras Berlian 1-3 (Food Fest). Seperti namanya, acara ini menghadirkan ragam kuliner ikonik khas era 90-an, sambil ditemani dengan agenda beberapa komunitas hewan peliharaan. Acaranya bisa Genhype kunjungi mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB.


8. Festival Museum & Sejarah Jakarta 2024

Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta menggelar acara Festival Museum dan Sejarah Jakarta yang berlangsung pada 19-20 Oktober 2024 di Taman Fatahillah Kota Tua. Sederet acara seru telah disiapkan seperti pameran, bazar buku, talkshow, hingga pentas seni musik dan tari. Acara ini tentunya bisa menjadi pilihan kegiatan seru dan edukatif untuk keluarga.
 

9. Jakarta Mega Wedding Festival 

Pameran pernikahan dan perhiasan Jakarta Mega Wedding Festival kembali digelar pada 18-20 Oktober 2024 di Hall D2 JIExpo Kemayoran. Acara ini menghadirkan pameran 200 lebih vendor pernikahan terkurasi yang bisa menjadi inspirasi bagi pengunjung yang ingin mewujudkan pernikahan impian. Acaranya juga kian semarak dengan penampilan spesial dari Mahalini pada 20 Oktober 2024 pukul 19.00 WIB.


10. Jakarta Dessert Week 2024

Jakarta Dessert Week menjadi agenda yang tak boleh dilewatkan oleh para pencinta makanan penutup. Acara ini digelar pada 30 September-20 Oktober 2024, tersebar di 40 lebih merchant dessert se-Jakarta. Adapun, pop-up event ini bisa dikunjungi di Plaza Indonesia Jakarta. Di acara ini, Genhype bisa mencicipi dessert dari puluhan restoran dessert dan gelato terkurasi.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Kiat Mendaki Gunung Pada Malam Hari

BERIKUTNYA

Cek Titik Lokasi, Rundown & Pengisi Acara Pesta Rakyat Minggu 20 Oktober 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: