iPad Mini terbaru dari Apple. (Sumber gambar: Apple)

Cek Spesifikasi & Harga iPad Mini yang Dibekali Apple Intelligence

16 October 2024   |   09:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, ada yang baru nih dari Apple. Raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu mengenalkan iPad mini yang diperkuat chip A17 Pro dan Apple Intelligence, sistem kecerdasan buatan yang diklaim bisa membantu mengerjakan banyak tugas dengan cepat sambil melindungi privasi pengguna. 

Membawa desain ultraportabel, iPad menampilkan layar Liquid Retina 8,3 inci. Adapun chip A17 Pro digadang-gadang memberikan peningkatan kinerja yang sangat besar bahkan untuk tugas yang paling berat, dengan CPU dan GPU yang lebih cepat, Neural Engine 2 kali lebih cepat daripada iPad mini generasi sebelumnya. 

“Tidak ada perangkat lain di dunia seperti iPad mini, yang disukai karena kombinasi antara performa yang tangguh dan fleksibilitas dalam desain kami yang paling portabel,” ujar Bob Borchers, wakil presiden Apple untuk Pemasaran Produk Seluruh Dunia. 

Baca juga: Ini Alasan Apple Belum Bisa Menjual iPhone 16 di Indonesia

Buat yang penasaran, berikut penjelasan lengkap spesifikasi unggulan dari iPad mini terbaru dari Apple. 
 

1. Chip A17 Pro 

A17 Pro merupakan chip canggih yang membuka sejumlah peningkatan dibandingkan A15 Bionic di iPad Mini generasi sebelumnya. Dengan CPU 6 core, tepatnya 2 core kinerja dan 4 core efisiensi, A17 Pro menghadirkan peningkatan kinerja CPU sebesar 30 persen. 

Chip ini juga menghadirkan peningkatan kinerja grafis dengan GPU 5 core yang menghadirkan peningkatan 25 persen dibandingkan generasi sebelumnya. Selain itu, A17 Pro menghadirkan pengalaman baru termasuk aplikasi pro untuk mengedit foto lebih cepat, hingga menyelami aplikasi AR yang lebih imersif. 
 

2. Dukungan Apple Intelligence 

Dengan kekuatan chip A17 Pro, iPad Mini baru mendapat dukungan Apple Intelligence. Terintegrasi secara mendalam ke iPadOS 18, Apple Intelligence memanfaatkan kekuatan Apple silicone dan model generatif buatan Apple untuk memahami dan membuat bahasa serta gambar, mengambil tindakan di seluruh aplikasi, hingga mengambil dari konteks pribadi untuk menyederhanakan dan mempercepat tugas sehari-hari. 

Sementara itu, Private Cloud Compute menawarkan kemampuan untuk melenturkan dan menskalakan kapasitas komputasi antara pemrosesan di perangkat dan model berbasis server yang lebih besar, berjalan pada server silikon Apple. 

Rangkaian pertama fitur Apple Intelligence akan tersedia dalam bahasa Inggris bulan ini melalui pembaruan perangkat lunak gratis dengan iPadOS 18.1, dan tersedia untuk iPad dengan A17 Pro atau M1 dan versi lebih baru. 
 

3. Konektivitas lebih cepat 

iPad mini baru mendukung Wi-Fi 6E yang memberikan kinerja hingga dua kali lipat dari generasi sebelumnya. Dengan demikian, pengguna dapat mengunduh fail, bermain gim daring, dan streaming film dengan lebih cepat. 

Sementara itu, Model Wi-Fi + Seluler dengan 5G memungkinkan pengguna mengakses file, berkomunikasi dengan rekan, dan mencadangkan data dengan cepat saat bepergian. Model seluler iPad mini baru diaktifkan dengan eSIM, alternatif yang lebih aman daripada kartu SIM fisik. 

Pelanggan juga dapat dengan mudah terhubung ke paket data nirkabel pada iPad mini baru di lebih dari 190 negara dan wilayah di seluruh dunia tanpa perlu mendapatkan kartu SIM fisik dari operator lokal. Port USB-C kini hingga 2 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya, dengan transfer data hingga 10Gbps, sehingga mengimpor foto dan video berukuran besar menjadi lebih cepat. 
 

4. Kamera pro 

Tablet mini ini dibekali kamera wide 12MP pada bagian belakang. Dengan Smart HDR 4, foto akan menjadi lebih detail dan jelas. Dengan memanfaatkan Neural Engine 16 core, iPad mini baru menggunakan (AI) untuk mengidentifikasi dokumen secara otomatis langsung di aplikasi kamera dan dapat menggunakan lampu kilat True Tone baru untuk menghilangkan bayangan dari dokumen.

Sementara itu, kamera depannya menggunakan lensa ultra wide 12MP dalam orientasi potret, dengan dukungan Center Stage.


5. Sistem operasi iPadOS 18  

Selain kemampuan Apple Intelligence, iPadOS 18 menghadirkan fitur-fitur canggih yang menyempurnakan pengalaman menggunakan iPad, menjadikannya lebih serbaguna dan cerdas dari sebelumnya. iPadOS juga memiliki kerangka kerja canggih seperti Core ML yang memudahkan pengembang memanfaatkan Neural Engine untuk menghadirkan fitur-fitur AI canggih langsung di perangkat. 
 

Harga & Ketersediaan

Berdasarkan laman resmi Apple, pre order iPad Mini terbaru dibuka mulai 15 Oktober, di apple.com/store, dan di aplikasi Apple Store di 29 negara dan kawasan. Perangkat ini akan mulai dikirimkan kepada pelanggan, dan akan tersedia di Apple Store dan Penjual Resmi Apple mulai Rabu, 23 Oktober 2024.

Tablet mini Apple ini tersedia dalam warna Blue, Purple, Starlight, dan Space Gray. Harganya dibanderol mulai US$499 atau setara Rp7,7 juta untuk model Wi-Fi, dan  US$649 , setara dengan Rp10 juta untuk model Wi-Fi plus Seluler. iPad mini baru ini hadir dengan penyimpanan 128 GB. Tersedia juga dalam konfigurasi 256 GB dan 512 GB.

Baca juga: Apple Intelligence Rilis 28 Oktober, Cek 8 Fitur yang Bisa Dinikmati Pengguna iPhone

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Intip Spesifikasi & Harga Asus TUF Gaming A16 Indonesia, Laptop yang Lagi Laris Manis

BERIKUTNYA

Hari Kucing Sedunia Dirayakan 16 Oktober, Ajak Masyarakat Lindungi Anabul dari Bahaya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: