Pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sesaat setelah melangsungkan akad nikah. (Sumber gambar : Youtube Jokowi)

Arti Nama Bebingah Sang Tansahayu, Anak Pertama Kaesang-Erina

15 October 2024   |   18:15 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Kabar bahagia tengah menyelimuti pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Setelah sekitar sembilang bulan menanti, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut akhirnya dikaruniai buah hati pertamanya pada hari ini, Selasa (15/10/2024).

Anak pertama dari Kaesang dan Erina berjenis kelamin perempuan. Buah cinta keduanya itu lahir tepat pukul 07.02 WIB dengan berat 3,4 kilogram dan panjang 50 sentimeter.

Kaesang dan Erina memberikan nama yang cukup unik untuk putri pertamanya tersebut. Keduanya sepakat sang putri diberi nama Bebingah Sang Tansahayu. Nama yang cukup unik ini rupanya diambil dari bahasa Jawa. 

Baca juga: Profil Erina Gudono, Finalis Putri Indonesia Calon Istri Kaesang Pangarep

Bebingah yang menjadi nama depan putri Kaesang diambil dari kata bingah. Dalam bahasa Jawa, bingah memiliki arti bahagia. Tentunya, nama depan ini merupakan doa dari kedua orang tua untuk sang putri. 

Sementara itu, Tansayu berasal dari kata tansah yang memiliki arti senantiasa. Adapun, kata ayu di dalam bahasa Jawa memiliki arti cantik. Ketika digabung, maka menjadi senantiasa cantik.

“Nama Bebingah artinya membuat bahagia. Sang Tansahayu dialah yang selalu cantik paras dan semuanya,” ucap Kaesang kepada awak media ketika konferensi pers di RSU Bunda, Menteng. 
 

Nama yang menarik ini dibuat langsung oleh sang istri, Erina Gudono. Tampaknya, Kaesang langsung menyetujui karena maknanya yang merefleksikan doa indah dari orang tua untuk anaknya.

Kelahiran Bebingah tak cuma disambut bahagia oleh Kaesang dan Erina, tapi oleh keluarga besar keduanya. Selain itu, kelahiran Bebingah juga kembali menambah jumlah cucu dari Jokowi yang kini menjadi enam orang.

Kakak sulung Kaesang, yakni Gibran Rakabuming memiliki dua anak dari pernikahannya dengan Selvi Ananda. Kemudian, kakak keduanya, yakni Kahiyang Ayu memiliki tiga orang anak dari pernikahannya dengan Bobby Nasution.

Hal yang menarik, nama semua cucu Jokowi ini juga kerap menggunakan bahasa Jawa maupun Sansekerta. Tak hanya itu, nama-nama tersebut juga melambangkan makna dan doa yang dalam dari orang tua ke anak.

Misalnya, anak pertama dari Gibran dan Selvi, yakni Jan Ethes Srinarendra yang memiliki arti pemimpin cerdas yang sangat cekatan. Kemudian, putri pertama Kahiyang dan Bobby, yakni Sedah Mirah Nasution memiliki arti harapan agar anak tumbuh jadi orang yang dermawan. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Highlight Jakarta Muslim Fashion Week 2025, Catat Transaksi Potensial US$20,4 Juta

BERIKUTNYA

Pianis Legendaris Richard Clayderman Siap Konser di Jakarta, Cek Harga Tiketnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: