Shuttlecock Badminton (Sumber gambar: Freepik)

Hasil Arctic Open 2024, Indonesia Kembali Tak Bawa Gelar

15 October 2024   |   15:42 WIB
Image
Fasya Kalak Muhammad Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Turnamen Badminton BWF World Tour level 500, Arctic Open 2024 telah memasuki babak akhir pada Minggu (13/10/2024). Pertandingan yang berlangsung di Energia Areena, Vantaa, Finlandia ini hanya menampilkan satu wakil Indonesia dari sektor tunggal putra, yaitu Jonatan Christie. 

Dilansir dari Instagram badminton.ina, Jonatan Christie merupakan wakil satu satunya yang berhasil masuk ke babak final. Dirinya sudah dipastikan akan mendapatkan medali, dan menantang Chou Tien Chen dari China Taipei setelah lawan di babak sebelumnya, yaitu Kunlavut Vitidsarn dari Thailand memutuskan hengkang. 

Baca juga: Indonesia Raih Dua Perunggu di BWF World Junior Championships 2024 Individual, China Dominasi

Sebelumnya, pada babak semifinal, Indonesia berhasil mengirimkan dua atlet tunggal andalannya yaitu Gregoria Mariska Tunjung dari tunggal putri, dan Jonatan Christie dari tunggal putra.

Namun, Gregoria Mariska Tunjung atau yang biasa dipanggil Jorji harus mengakui keunggulan lawan, yang juga menjadi rivalnya pada ajang kejuaraan dunia junior, Han Yue dari China, dengan skor akhir 9-21, 21-16, 9-21.

Sementara itu, laga semifinal Arctic Open menampilkan pertandingan dari wakil Indonesia, yaitu Jonatan Christie atau yang biasa disapa Jojo, melawan Kunlavut Vitidsarn dari Thailand. Namun, pada detik terakhir Vitidsarn memutuskan untuk walkover karena cedera yang dialaminya, dan membuat Jojo berhasil lanjut ke babak final.  
 

Pada babak final, pertandingan pertama menampilkan laga sekawan dari sektor ganda campuran. Feng/Huang dari China berhasil memenangkan pertandingan dari rekan se-negaranya Jiang/Wei, dan berhasil membawa medali emas pertama China.

Sedangkan pada laga kedua, lagi lagi wakil tunggal putri China, Han Yue berhasil mengamankan emas untuk negaranya, setelah mengalahkan Ratchanok Intanon dari Thailand.

DI laga perebutan gelar ganda putra, Goh/Nur dari Malaysia berhasil menambah catatan kemenangannya, sekaligus melengkapi gelar S500 pertamanya, lewat laga ketat melawan wakil Denmark, Kim/Anders. Dalam laga selanjutnya di ganda putri, China kembali mendapatkan emas ketiganya lewat aksi Liu/Tan melawan Pearl/Thinaah dari Malaysia.

Pertandingan ditutup dengan perebutan emas di sektor tunggal putra yang menampilkan Jonatan Christie melawan wakil China Taipei, Chou Tien Chen. Rekor pertemuan keduanya menunjukkan keunggulan Jojo dari Chou, dengan skor 9-6. Namun Jojo harus mengakui keunggulan lawan di Arctic Open 2024, dengan kemenangan Chou 21 - 18, 21 - 17.

Baca juga: Pasangan Atlet Badminton Rian Ardianto & Ribka Sugiarto Resmi Menikah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Max Bakal Meluncur di Indonesia November 2024, Layanan Streaming Makin Ramai

BERIKUTNYA

Viro Pavilion Rancangan Arsitek Yori Antar Usung Desain Rumah Adat Nggela

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: