Shuttlecock (Sumber Gambar:Freepik)

Indonesia Raih Dua Perunggu di BWF World Junior Championships 2024 Individual, China Dominasi

15 October 2024   |   09:30 WIB
Image
Fasya Kalak Muhammad Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

BWF World Junior Championships Individual mulai digelar pada Senin (7/10/2024). Pertandingan kejuaraan dunia level junior ini dimulai dari babak 128 besar yang mempertandingkan ratusan atlet junilor dari berbagai negara. Sayangnya Indonesia gagal mendulang kesuksesan layaknya tim beregu yang berhasil mendapatkan medali emas.

Menurut informasi dari Instagram resmi badminton.ina, Tim Indonesia kembali mengirimkan 18 wakil yang berkompetisi di turnamen dunia level junior. Namun, dalam pertandingan yang berlangsung di Nanchang International Sports Center, Nanchang, China, hanya dua wakil Indonesia yang tersisa untuk memperebutkan medali di kejuaraan dunia ini.

Baca juga: Ranking Terbaru BWF World Championship, Cek Posisi Atlet Indonesia

Sebelumnya di babak perempat final, sebanyak 6 wakil Indonesia berhasil berlaga pada babak ini. Mereka adalah Dexter/Wahyu dan Darma/Dapa dari ganda putra, Ubaidillah dan Richie dari tunggal putra, Isyana/Rinjani dari ganda putri, dan Darren/Bernadine dari ganda campuran.

Empat wakil Indonesia harus mengakui keunggulan lawan masing-masing dan gagal meraih medali. Hanya tersisa dua wakil Indonesia, yaitu Isyana/Rinjani dan Ubaidillah, yang berhasil melaju ke babak semifinal. Pada pertandingan semifinal yang digelar Sabtu (12/10/2024), Moh Zaki Ubaidillah bertemu Wang Zi Jun dari China, sementara Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinara Nastine menghadapi pasangan Ririna Hiramoto/Aya Tamaki dari Jepang.

Di babak semifinal, wakil Indonesia kembali harus terhenti dan hanya meraih medali perunggu di BWF World Junior Championships Individual. Dalam pertandingan tunggal putra, Ubaidillah harus mengakui keunggulan wakil China dengan skor akhir 19-21, 20-22. Sementara itu, Isyana/Rinjani juga mengalami pertandingan yang ketat, di mana pasangan Jepang berhasil melaju ke babak selanjutnya setelah mencapai game poin dengan skor akhir 23-21, 21-19.
 

Hasil Akhir BWF World Junior Championships 2024 Individual

 

Menurut informasi dari Instagram resmi bwf.official, hasil akhir turnamen ini menunjukkan dominasi tuan rumah China sebagai juara umum. Di sektor ganda campuran, pasangan China Lin/Liu berhasil mengalahkan Lai/Sun dari China Taipei.

Sementara itu, di sektor tunggal putra dan putri, China menghadirkan All China Final, di mana Hu Zhe An berhasil mengalahkan Wang Zijun di tunggal putra, dan Xu Wen Jing meraih kemenangan atas lawan senegaranya, Yin Yi Qing, di tunggal putri.

Di sektor ganda putra, Kang/Aaron dari Malaysia berhasil menahan dominasi China, yang diwakili oleh Hu/Lin, dan keluar sebagai juara. Sementara itu, di sektor ganda putri, Ririna/Aya, yang merupakan rival Isyana/Rinjani, sukses meraih medali emas setelah mengalahkan pasangan Malaysia, Low/Dania, di final.

Hasil akhir turnamen BWF World Junior Championships menunjukkan bahwa Indonesia membawa pulang satu medali emas dari sektor beregu campuran dan dua medali perunggu dari sektor individual, yang diraih oleh Isyana/Rinjani dan Moh Zaki Ubaidillah. Selamat kepada semua pemenang!

SEBELUMNYA

Resep Kartoffelsalat, Salad Kentang Khas Jerman

BERIKUTNYA

Jadwal & Link Streaming Indonesia vs China, Garuda Incar Kemenangan di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: