Pasangan atlet badminton Muhammad Rian Ardianto dan Ribka Sugiarto, resmi menikah di Karanganyar, Jawa Tengah, pada Sabtu (28/9/2024). Sumber gambar: Jonathan Wongso/Instagram.

Pasangan Atlet Badminton Rian Ardianto & Ribka Sugiarto Resmi Menikah

29 September 2024   |   09:16 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Pasangan atlet badminton Muhammad Rian Ardianto dan Ribka Sugiarto, resmi menikah di Karanganyar, Jawa Tengah, pada Sabtu (28/9/2024). Kabar bahagia ini terungkap dalam unggahan beberapa potret pernikahan dua pebulu tangkis tersebut di akun Instagram mereka, yang tampak mengusung adat Jawa.

Dalam foto-foto yang diunggah oleh akun vendor fotografer @morden.co, Rian dan Ribka tampak serasi mengenakan pakaian pernikahan adat Jawa bernuansa putih. Foto-foto tersebut menampilkan momen-momen akad nikah keduanya yang tampak berlangsung di sebuah masjid.

Baca juga: Mundur dari Pelatnas Bulu Tangkis, Simak Profil & Prestasi Ribka Sugiarto
 

Dalam acara akad nikah, Rian dan Ribka mengenakan busana pernikahan adat Jawa. Rian tampak mengenakan beskap putih, kain batik bernuansa cokelat, lengkap dengan blangkon senada rancangan desainer Jonathan Wongso. 

Baju rancangan sang desainer juga telah dikenakan oleh sejumlah figur publik dalam hari bahagia mereka. Di antaranya adalah pasangan Rizki Natakusumah dan Beby Tsabina, atlet badminton Jonatan Christie dan Shania, serta pasangan Clarissa Tanoesoedibjo dan Anthony Tjipto.

Sementara Ribka tampak anggun mengenakan kebaya putih panjang dan kain batik coklat dari koleksi Myrna Myura, serta riasan wajah dari Ulfa Jamila Makeup lengkap dengan paes kepala. Koleksi sang desainer juga telah dikenakan oleh sejumlah pesohor seperti Jessica Mila, Nikita Willy, dan Erina Gudono.
 

Nuansa adat Jawa kembali diusung dalam acara resepsi pernikahan Rian dan Ribka. Keduanya kembali mengenakan pakaian adat Jawa rancangan Jonathan Wongso dan Myrna Myura yang kali ini bernuansa hitam. 

Rian tampak mengenakan beskap beludru hitam dengan aksen motif emas, kain batik bernuansa coklat, lengkap dengan blangkon senada. Sementara Ribka tampak anggun mengenakan kebaya hitam beludru panjang menjuntai dengan motif payet emas, kain batik coklat, serta riasan wajah dari dari Ulfa Jamila Makeup lengkap dengan paes kepala.

Adapun, pernikahan Rian dan Ribka juga tampak dihadiri oleh beberapa sesama rekan atlet seperti Fajar Alfian yang menjadi rekan ganda putra Rian, serta ganda putri Indonesia, Siti Fadia Silva Ramadhanti.
 

Diketahui persiapan pernikahan Rian dan Ribka sudah berlangsung sejak lama. Setelah bertunangan pada Desember 2023, Ribka kemudian memutuskan mundur dari Pelatnas PBSI pada Mei 2024. Sang atlet gantung raket pada usia 24 tahun.

Kala itu, Ribka menjelaskan bahwa keputusannya pensiun dini salah satunya didasari ingin fokus untuk mempersiapkan pernikahannya dengan pebulutangkis ganda putra, Muhammad Rian Ardianto. 

Perempuan kelahiran Karanganyar itu menyampaikan bahwa keputusannya untuk mundur sebagai pebulu tangkis profesional telah melalui proses pemikiran dan pertimbangan yang cukup lama. Dia juga beberapa kali sempat berdiskusi dengan pelatih, orang tua dan orang terdekatnya untuk membicarakan keinginannya tersebut.

Dia pun mengaku ini merupakan keputusan yang cukup sulit dan berat yang harus diambilnya. Namun, keputusan ini harus dipilihnya agar bisa fokus pada tujuannya untuk memulai kehidupan yang baru. "Tidak ada penyesalan buatku untuk mengambil keputusan ini karena sudah aku pikirkan cukup lama dan sekarang mungkin waktu yang tepat," tulisnya.

Muhammad Rian Ardianto merupakan atlet ganda putra Indonesia yang berpasangan dengan Fajar Alfian, dan menjadi salah satu pemain andalan Indonesia di nomor ganda putra. Fajar/Alfian telah memenangkan beberapa turnamen internasional, hingga menduduki peringkat nomor satu dunia pada akhir 2022.

Sementara Ribka merupakan mantan ganda putri Pelatnas PBSI. Pemain 24 tahun itu pernah berpasangan dengan Siti Fadia Silva Ramadhanti, Febriana Dwipuji Kusuma, dan terakhir Lanny Tria Mayasari. Sejumlah prestasi telah diraih Ribka, di antaranya medali perak Piala Uber 2024, medali perak SEA Games 2021 dan 2019, juara Swiss Open 2024, hingga tiga gelar juara Indonesia Masters Super 100. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Sejarah & Tema Hari Jantung Sedunia 2024, Diperingati Tiap 29 September

BERIKUTNYA

EA Umumkan Bakal Tutup Game The Simpsons: Tapped Out Setelah 12 Tahun Beroperasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: