Kado untuk Bayi (Sumber Foto: Freepik)

5 Rekomendasi Kado untuk Bayi Baru Lahir, Perlengkapan si Kecil sampai Mainan Edukatif

14 October 2024   |   10:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Apakah Genhype sedang mencari inspirasi kado untuk bayi baru lahir? Memilih kado untuk bayi, terkadang bisa sangat membingungkan. Pasalnya ada begitu banyak pilihan, mulai dari perlengkapan bayi seperti pakaian atau peralatan makan dan mandi, serta hingga mainan.

Namun perlu diingat, saat memilih kado untuk bayi sebaiknya kita mempertimbangkan fungsi dan keamanannya. Misalnya saat memilih pakaian, selain karena desainnya yang lucu, pastikan pakaian bayi nyaman saat dikenakan dan materialnya aman saat bersentuhan dengan kulit bayi yang sensitif.

Nah Genhype, berikut adalah beberapa rekomendasi kado untuk bayi baru lahir. 

Baca juga: Kulit Bayi Rentan Iritasi? Ini Panduan Perawatan yang Aman dan Lembut
 

1. Pakaian bayi

Pilihlah pakaian bayi dengan material yang lembut seperti katun organik. Selain itu pakaian juga harus hypoallergenic atau anti alergi dan mudah dicuci untuk menjaga kulit bayi tetap aman dan nyaman. Jenis pakaian seperti onesies, kaus, celana, kaus kaki, atau jaket akan sangat berguna untuk membuatnya hangat dan nyaman seharian.

Sebaiknya pilih pakaian dengan desain yang simpel dan mudah dipakaikan, mengingat bayi sering kali harus berganti pakaian beberapa kali sehari. Selain itu, pakaian bayi bisa menjadi kado yang personal dengan menambahkan nama sang bayi dengan bordiran. 
 

2. Selimut bayi

Selimut bayi penting untuk membuat mereka tetap hangat saat tidur. Pilihlah selimut berbahan lembut seperti katun, muslin, atau flanel yang aman dan nyaman untuk kulit si kecil. Selain berfungsi sebagai penghangat, selimut bayi juga bisa dijadikan alas bermain, pelindung saat menyusui, atau untuk menutupi bayi di stroller saat berjalan-jalan di luar.
 

3. Perlengkapan mandi bayi

Perlengkapan mandi bayi biasanya terdiri dari sabun, sampo, lotion, dan handuk lembut. Pastikan produk yang dipilih hypoallergenic dan bebas dari bahan kimia berbahaya, seperti paraben dan pewangi buatan untuk memastikan kulit bayi tetap lembut, lembap, dan terlindungi. 

Memilih handuk bayi dengan bahan lembut dan daya serap tinggi juga sangat penting, karena bayi memiliki kulit yang lebih rentan terhadap iritasi. Set perlengkapan mandi bayi biasanya juga dilengkapi dengan mainan yang bisa membuat waktu mandi menjadi lebih menyenangkan.
 

4. Mainan edukasi 

Bayi sudah bisa merespons suara, cahaya, warna, dan tekstur sejak usia dini. Pilihlah mainan gantung yang dapat dipasang di atas tempat tidur bayi. Mainan ini biasanya akan berputar perlahan dan memiliki warna-warna cerah yang menarik perhatian bayi, sehingga membantu mereka melatih fokus visual.

Bisa juga memilih rattle atau mainan yang bisa menghasilkan bunyi saat digoyangkan. Contohnya rattle berbentuk gelang yang bisa dipasang di pergelangan tangan bayi. Saat bayi menggerakkan tangan, mainan tersebut akan mengeluarkan suara. Rattle berfungsi untuk merangsang pendengaran dan koordinasi tangan.

Selain itu, ada juga teether atau mainan yang bisa digigit. Mainan ini cocok untuk bayi yang mulai tumbuh gigi karena bisa memberikan rasa nyaman pada gusi. Semua mainan ini biasanya dibuat dari bahan yang aman dan bebas dari zat berbahaya untuk memastikan keamanan bayi saat bermain.


5. Gendongan

Pilihlah gendongan bayi yang aman dan nyaman, sekaligus memberikan kebebasan gerak bagi orang tua. Ada beberapa jenis gendongan yang populer, misalnya gendongan kain yang bisa diikatkan di tubuh orang tua dan bayi. Gendongan ini fleksibel dan bisa diatur sesuai kebutuhan. 

Ada juga gendongan ransel atau carrier yang memiliki tali bahu serta sabuk pinggang untuk memberikan dukungan saat menggendong. Gendongan ransel umumnya memiliki posisi depan dan belakang, serta sering dilengkapi dengan bantalan yang nyaman.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Game Dragon Ball: Sparking! Zero Resmi Meluncur, Cek Harga dan Spesifikasinya

BERIKUTNYA

5 Kiat Tetap Aman saat Naik Speedboat, Pakai Pelampung dan Periksa Cuaca Sebelum Berlayar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: