Stadion sepak bola (Sumber gambar: Unsplash/ Mario Klassen)

Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Bahrain, Peluang Rebut 3 Poin Pertama Garuda

08 October 2024   |   10:14 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional (timnas) Indonesia bakal bertandang ke Bahrain pada matchday ketiga Grup C dalam lanjutan ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2024 zona Asia. Duel sengit kedua tim akan tersaji di Bahrain National Stadium, Riffa, Kamis (10/10/2024) pukul 23.00 WIB. 

Dalam catatan Rec Sport Soccer Statistics Foundation, Indonesia dan Bahrain telah bertemu sebanyak tujuh kali di semua ajang. Hasilnya, kedua tim memiliki kekuatan yang tidak terlalu jauh berbeda. Skuad Garuda tercatat pernah mengalahkan Bahran dua kali. Bahrain tercatat pernah mengalahkan Indonesia tiga kali. Adapun, dua laga sisanya kedua tim bermain imbang. 

Baca juga: Kekuatan Baru Timnas Indonesia Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Dalam perjumpaan pertama yang terjadi pada 1980, Indonesia berhasil menang. Di ajang President Cup di Korea Selatan, Indonesia menang dengan skor 3-2. Kemenangan kedua Indonesia atas Bahrain terjadi pada 2007. 

Kala itu, kedua tim sedang berlaga di Piala Asia. Di Stadion Gelora Bung Karno, Indonesia kembali sukses menekuk Bahrain dengan skor 2-1. Dua gol Timnas Indonesia dicetak oleh Budi Sudarsono dan Bambang Pamungkas.

Kendati memiliki kekuatan yang hampir seimbang, Indonesia punya satu kenangan buruk dengan Bahrain. Pada pertemuan terakhir keduanya, Indonesia harus mengakui keunggulan Bahrain secara telak.

Tepat pada 29 Februari 2012, dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2014, Indonesia kalah dari Bahrain dengan skor 10-0. Saat itu, skuad Garuda tak bisa membawa pemain-pemain terbaiknya karena ada dualisme federasi.

Namun, pertandingan yang terjadi pada 12 tahun yang lalu itu tentu sudah tak bisa lagi menjadi patokan. Sekarang, timnas Indonesia telah menunjukkan perkembangan yang luar biasa. Indonesia pun berpeluang merebut tiga poin pertama pada laga ini.

Meski, secara ranking, Indonesia dan Bahrain masih cukup berbeda jauh. Saat bertanding nanti, Indonesia datang sebagai negara berperingkat FIFA 129, sedangkan Bahrain berada di posisi 76 dunia.
 

Menjelang laga super penting ini, timnas Indonesia sudah mulai menggelar sesi latihan perdana sejak 6 Oktober 2024. Bertempat di Hamad Town Youth & Sports Ground, sejumlah pemain yang mendapat panggilan skuad Garuda mulai bergabung dan latihan bersama. 

“Dari semalam, kami melakukan perjalanan cukup panjang, jadi untuk hari pertama ini, kami fokus kepada pemulihan kondisi fisik. Besok kita mulai masuk ke sesi latihan taktik,” ujar pelatih Shin Tae Yong dikutip dari laman PSSI.

Terkait cuaca, Shin Tae Yong mengatakan tak menemukan kendala berarti. Menurutnya, pada saat sesi latihan perdana relatif sejuk sehingga pemain bisa berlatih dengan baik.

Laga Indonesia vs Bahrain merupakan pertandingan yang krusial. Secara posisi, kedua tim saat ini saling menempel ketat di Grup C. Bahrain sekarang menempati posisi ketiga dengan tiga poin, sedangkan Indonesia berada di posisi keempat dengan dua poin.

Oleh karena itu, hasil pertandingan ini akan cukup menentukan nasib kedua tim, terutama untuk menjaga asa tetap berada di posisi empat besar klasemen.

Timnas Indonesia sendiri sebelumnya telah melewati dua tantangan berat di Grup C. Total dua poin yang didapat Indonesia berkat hasil imbang melawan Arab Saudi di markas lawan dan imbang lawan Australia di kandang sendiri.


Rekor pertemuan timnas Indonesia vs timnas Bahrain 

  • Indonesia 3-2 Bahrain (President Cup 1980, Korea Selatan)
  • Indonesia 1-1 Bahrain (President Cup 1982, Korea Selatan)
  • Indonesia 0-0 Bahrain (Kualifikasi Piala Asia 1988, Jakarta)
  • Bahrain 3-1 Indonesia (Piala Asia 2004, Jinan)
  • Indonesia 2-1 Bahrain (Piala Asia 2007, Jakarta)
  • Indonesia 0-2 Bahrain (Kualifikasi Piala Dunia 2014, Jakarta)
  • Bahrain 10-0 Indonesia (Kualifikasi Piala Dunia 2014, Manama)
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Tiket Konser 2NE1 Jakarta Sold Out, Comeback Girl Group Legendaris Disambut Antusias

BERIKUTNYA

Siap-siap, Kep1er Comeback November 2024 dengan Formasi Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: