Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong. (Sumber foto: JIBI/Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Drama di Bahrain: Indonesia dan Bahrain Imbang 2-2, Keputusan Wasit Jadi Perdebatan

11 October 2024   |   10:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pertandingan antara tim nasional Indonesia melawan tim nasional Bahrain telah usai. Kedua tim mencatatkan hasil imbang 2-2 dalam laga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Namun, pertandingan yang berjalan lebih dari 90 menit itu dipenuhi dengan berbagai macam kontroversi yang merugikan Garuda – julukan tim nasional Indonesia.

Pertandingan antara tim nasional Indonesia melawan tim nasional Bahrain berlangsung di Bahrain National Stadium, Bahrain. Pertandingan antara kedua tim dipimpin oleh wasit Ahmed Abu Bakar Said Al Kaf asal Oman.

Baca juga: Imbang Lawan Bahrain, Ini Posisi Sementara Timnas Indonesia

Kepemimpinan wasit Ahmed Abu Bakar Said Al Kaf di pertandingan ketiga dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia tersebut sebenarnya sudah menjadi perhatian publik Tanah Air. Statusnya sebagai warga negara Oman menimbulkan pertanyaan tentang objektivitasnya.

Bukan tanpa alasan, Oman merupakan negara tetangg Bahrain dan juga masih dalam satu wadah federasi, yakni West Asian Football Federation (WAFF). Selain itu, sang wasit juga menjadi perhatian karena kerap membuat keputusan yang kontroversial di atas lapangan hijau.

Kekhawatiran para pencinta sepak bola di Tanah Air terbukti. Sang wasit menunjukkan keputusan kontroversialnya kala Indonesia bertanding melawan Bahrain.

Sejumlah keputusannya di atas lapangan hijau merugikan tim nasional Indonesia. Bahrain yang sudah berada di ujung kekalahan pun dapat lolos dan meraih hasil imbang.

Dikutip dari laman PSSI, Pelatih kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong menilai bahwa AFC perlu memperbaiki keputusan dan kepemimpinan wasit jika sepak bola di Asia ingin maju.

“Kedua tim melakukan yang terbaik sampai wasit meniupkan peluit panjang. Akan tetapi, saya harus memastikan kembali terkait dengan keputusan-keputusan wasit di pertandingan tadi,” katanya.

Dia mengatakan bahwa semua orang bisa memahami alasan para pemain tim nasional Indonesia merasa kesal dengan keputusan wasit meningat beberapa keputusan wasit yang bias dan juga tambahan waktu yang tidak seharusnya.

Untuk diketahui, dalam pertandingan yang berlangsung, wasit Ahmed Abu Bakar Said Al Kaf membuat keputusan waktu tambahan waktu pertandingan antara Indonesia melawan Bahrain lebih lama dari seharusnya.

Official memberikan tambahan waktu babak kedua sebanyak 6 menit. Namun, sang wasit tidak kunjung meniup peluit tanda pertandingan berakhir setelah menit 96. Wasit baru meniup peluit tepat ketika Bahrain mencetak gol penyeimbang pada menit ke-99.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Ajang Mandiri Mandalika Festival of Speed Putaran Kedua Dimulai, Cek Jadwalnya

BERIKUTNYA

Mulai Hari Ini, Cek Cara Menonton Babak Puncak FFWS Sea 2024 Fall & Penampilan Isyana Sarasvati

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: